Anti Panik: Menangani Anak Saat Panas

tips kesehatanPanas pada anak seringkali membuat panik karena ketidaktahuan Anda cara menghadapinya. Namun panas pada anak sebenarnya merupakan reaksi karena anak terkena infeksi maka ini menandakan kekebalan tubuh anak bekerja dengan baik. Jika anak mengalami panas maka tindakan yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Anti Panik: Cara Menangani Anak Mengalami Panas

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menangani anak mengalami panas adalah yang pertama buatlah udara kamar Anak Anda tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Suhu tubuh anak pada saat panas membutuhkan suhu luar yang nyaman, jadi sesuaikan udara dan suhu kamar dengan kondisi anak. Kedua berikan pakaian yang tipis dan nyaman, pakaian tipis akan membantu menurunkan suhu tubuh anak. Ketiga jangan gunakan selimut, meski biasanya saat panas tubuh anak akan merasa dingin. Lebih baik tidak memberikan selimut agar anak merasa hangat, sebenarnya selimut ini menyebabkan suhu panas pada tubuh akan tetap bertahan. Jadi sebaiknya jika ingin menggunakan selimut untuk menutupi tubuh anak gunakan kain yang sangat tipis apabila anak tidak nyaman menggunakan pakaian. Keempat berikan air minum agar tidak dehidrasi. Air minum akan membantu melawan infeksi, jadi pada saat panas sebaiknya berikan minum lebih banyak jika masih mengonsumsi ASI maka berikan ASI. Kelima kompres dengan air, gunakan handuk basah untuk mengompres pada bagian dahi. Jangan gunakan es batu karena bukannya panas turun, kondisinya malah semakin buruk. Keenam tetap mandikan anak, namun gunakan air hangat agar anak merasa segar dan nyaman. Ketujuh perbanyak istirahat, tidur dan gunakan bawang merah dan minyak kelapa. Usapkan ke badan anak bawang merah yang sudah dihancurkan dan dicampurkan dengan minyak kelapa, lalu lap bekas bawang merah tersebut.

Demikian cara yang tepat dalam menangani jika anak mengalami panas. Jangan panik dan langsung ke dokter jika anak baru saja mengalami panas, jika panas belum turun berikan obat penurun panas namun jika 3 hari panas juga tidak turun maka sebaiknya ke dokter.

Related posts: