Apa Itu Feasibility Study Rumah Sakit

studi kelayakan rumah sakitRumah sakit merupakan salah satu tempat dimana di dalamnya memiliki struktur yang teratur dan diatur. Salah satu yang perlu di perhatikan  dalam pembuatan atau berdirinya rumah sakit adalah dengan dilakukan uji kelayakan atau yang biasa di sebut dengan feasibility study rumah sakit. Tahukan Anda apa itu uji kelayakan? Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan hal ini, akan tetapi diantara kita banyak yang kurang tahu mengenai uji kelayakan yang ada di rumah sakit dan apa fungsi dari diadakannya uji kelayakan rumah sakit.

Pengertian Feasibility Study Rumah Sakit

Feasibility study rumah sakit adalah salah satu tindakan yang mengkaji tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan komersial, hal-hal yang berkaitan dengan proses pemasaran dan aspek yang mengkaji apakah rumah sakit tersebut akan terus mengalami perkembangan sampai masa yang akan datang. Selain itu, study ini juga mengkaji tentang besar kecilnya keuntungan dan kerugian yang akan di capai oleh rumah sakit tersebut baik dari segi finansial maupun dari segi sosial. Uji kelayakan juga merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk sebuah rumah sakit, dimana hal ini sudah diwajibkan oleh pemerintah Indonesia berdasarkan undang-undang nomor 44 tahun 2009 pasal 7 ayat 1 yang menyatakan bahwa uji kelayakan rumah sakit ini memiliki kaitan yang sangat erat dengan perizinan dari rumah sakit tersebut yang kemudian akan dikaitkan dengan masalah prasarana, SDM, peralatan, lokasi bangunan serta kefarmasian.

Adanya uji kelayakan juga nantinya akan dapat diketahui berapa bunga investasi serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk rumah sakit mendapatkan modal awalnya, semuanya akan dikaji pada uji kelayakan rumah sakit. Bukan hanya itu, study ini juga mengkaji mengenai kondisi dari pesaing dan juga lingkungan sehingga nantinya akan di ramalkan dampak negatif maupun positif dengan tujuan untuk perbaikan dan kemajuan. Feasibility study rumah sakit juga bisa dikatakan sebagai investigasi yang selanjutnya akan memberikan beberapa alternatif yang dapat dijadikan sebagai jalan keluar dari permasalahan yang sedang dan akan dihadapi.

Related posts: