Apakah Lasik Memiliki Efek Samping?

Gangguan mata yang sering dialami oleh masyarakat adalah miopia, hipermetropi, dan asigmatisme. Miopi adalah kelainan mata yang sering disebut dengan rabun jauh atau mata minus, dimana mata seseorang tidak dapat melihat objek jauh dengan jelas. Hipermetropi atau sering disebut dengan rabun dekat atau mata plus merupakan kelainan mata dimana seseorang tidak mampu melihat secara jelas objek dengan jarak dekat. Sedangkan assigmatisme merupakan kelainan mata yang sering disebut sebagai silinder, yakni terjadi ketika kornea atau lensa memiliki kelengkungan yang tidak mulus. Sehingga yang terjadi adalah bisa melihat garis vertikal dengan jelas, tapi tidak untuk garis horizontal, ataupun sebaliknya. Kelainan mata ini bisa diatasi dengan operasi lasik mata. Operasi lasik mata ini sudah banyak di Indonesia, salah satunya di Jakarta. Lasik mata di Jakarta ini bisa dibilang sangat ampuh dalam mengembalikan fungsi mata untuk melihat dengan jelas. Namun segala sesuatu pasti ada efek sampingnya, begitu pun dengan operasi lasik ini.

Efek Samping Operasi Lasik Mata

Meskipun operasi lasik mata ini adalah aman dan tingkat keberhasilannya tinggi hingga mencapai 96%, akan tetapi masih ada kemungkinan 4% gagal. Dan begitu pun dengan ketentuan yang ada, apabila pasien tidak memenuhi syarat dan ketentuan, pasti akan berakibat sangat mengerikan. Meskipun kegagalan operasi lasik jarang ditemukan, apalagi lasik mata di Jakarta ini. Biasanya efek samping operasi lasik bisa berupa mara yang seperti iritasi dan memerah sementara. Penglihatan pun bisa kabur dan buram, tetapi ini hanya untuk sementara waktu saja. Mata Anda akan mudah silau jika terkena cahaya, dan ini hanya berlaku kisaran satu atau dua hari. Bagi Anda yang masih memiliki mata norma, maka jangan mencoba untuk melakukan operasi lasik. Karena risikonya sangat tinggi, yaitu kebutaan, bagi pasien lasik yang matanya masih tergolong belum memenuhi persyaratan operasi. Perubahan yang terjadi pada kornea mata Anda, tidak akan mungkin bisa dikembalikan seperti semula setelah Anda melakukan operasi lasik. Cairan air mata yang dihasilkan pun menjadi sedikit untuk beberapa waktu, sehingga mata menjadi kering dan sedikit perih.

Untuk meminimalisasi efek samping yang ada, maka dari itu Anda perlu memilih tempat operasi lasik yang memang sudah dijamin aman dan berkualitas, seperti halnya lasik mata di Jakarta ini. Operasi yang dilakukan sesuai dengan prosedur operasi akan membuahkan hasil yang memuaskan untuk pasien, sehingga pasien akan bisa kembali melihat dengan jelas seperti semula.

Related posts: