Bahaya Konsumsi Kerang Hijau Terlalu Banyak Bagi Kesehatan

Salah satu jenis seafood yang banyak dicari oleh sebagai besar orang adalah kerang hijau. Banyaknya orang yang gemar dalam mengonsumsi kerang hijau karena harganya bisa dikatakan lebih murah dibandingkan seafood lainnya dan bisa diolah menjadi masakan yang istimewa. Keberadaan kerang hijau yang melimpah membuat kerang hijau ini banyak dijadikan sebagai menu Andalan bukan hanya di restoran besar saja melainkan pedagang olahan kerang kaki lima sekalipun dengan rasa yang tidak diragukan lagi.

Apa Saja Bahaya Konsumsi Kerang Hijau Secara Berlebih Bagi Kesehatan?

Konsumsi seafood memang memberikan banyak manfaat bagi setiap orang yang menyantapnya karena kerang hijau sendiri memiliki kandungan zat besi, selenium, vitamin B12, potasium hingga asam lemak omega 3 yang baik untuk tubuh. Banyaknya kandungan yang baik untuk tubuh membuat konsumsi kerang hijau pun semakin meningkat.

Meskipun banyak kandungan yang baik untuk tubuh, akan tetapi kerang hijau ini memiliki sifat penyedot debu. Kerang ini akan menghisap apa saja yang berada di sekitarnya termasuk logam berat yang berbahaya apabila ikut dikonsumsi. Apabila kerang hijau berada pada perairan yang tercemar logam berat maka kemungkinan dalam menyerap logam berat akan semakin besar dan bisa saja pada saat pengolahannya tidak tepat akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, pastikan Anda mengelola kerang hijau secara benar dan tidak mengonsumsi kerang hijau setengah matang atau bahkan mentah.

Adanya kandungan logam berat yang terbawa oleh kerang hijau membuat setiap orang tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan dan sebaiknya membatasi konsumsi dari kerang hijau tersebut. Logam berat yang terbawa oleh kerang hijau dan masuk ke dalam tubuh manusia akan menyebabkan berbagai resiko penyakit berbahaya dan bahkan mengancam kesehatan tubuh.

Dengan mengetahui alasan di atas, bagi Anda yang termasuk penggemar kerang hijau sebaiknya membatasi porsi makanan yang akan dikonsumsi dalam setiap waktunya. Konsumsi kerang hijau memang tidak dilarang akan tetapi hanya jumlahnya saja yang harus diperhitungkan sehingga tidak akan memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Related posts: