Beberapa Masakan Khas Daerah Ambon

makanan khas daerahMasakan khas daerah Ambon terdapat beberapa macam, Anda juga tidak sulit menemukan makanan tersebut jika sedang berada di Ambon. Anda akan menikmati berbagai masakan setelah menikmati pesona kota Ambon. Jangan sampai Anda lewatkan untuk menikmati makanan khas yang ada disana nantinya. Mari simak ulasan dibawah ini tentang beberapa macam masakan yang akan Anda temukan di Ambon.

Beberapa Masakan Khas Daerah Ambon

Ada beberapa masakan khas daerah Ambon yang paling enak dan populer yang patut Anda coba. Bahkan ada masakan tersebut sama dengan masyarakat Jawa, namun namanya berbeda. Nah, makanan-makanan khas Ambon itu sendiri adalah ikan komu asar, asar itu sendiri artinya asap. Maka ikan komu asar merupakan makanan yang berasal dari ikan asap. Lalu ada kohu-kohu, jika melihat wujudnya maka terlihat seperti urap orang Jawa. Kohu-kohu sendiri terbuat dari sayuran mentah seperti mentimun, kacang panjang, tauge dan daun kemangi yang sudah dipotong lalu dicampurkan dengan irisan bumbu mentah seperti bawang merah, bawang putih, cabai, perasan jeruk nipis, suwiran ikan cakalang dan kelapa parut. Kemudian bagi Anda pencinta bubur, Ambon memiliki bubur yang berbeda dari kota lainnya. Yup, bubu sagu ubi, Ambon sendiri penghasil sagu jadi wajar jika masakannya sering berbahan dasar sagu. Ada pula nasi lapola, campuean nasi dengan kacang tolo. Jadi saat menanak nasi cukup setengah matang kemudian dicampurkan dengan kacang tolo yang telah direbus dengan diberi garam dan kelapa yang diparut. Campurkan semuanya hingga merata lalu kukus hingga matang.  Bagi Anda yang menyukai nasi uduk, perlu mencoba makanan yang mirip nasi uduk namun khas Ambon. Nama nasi ini adalah nasi kelapa, perbedaannya dengan nasi uduk adalah cara memasaknya karena nasi kelapa ada tambahan sambal kelapa. Nasi ini dibuat dengan teknik khusus masyarakat Ambon.

Sekian ulasan mengenai beberapa masakan khas daerah Ambon yang populer dikalangan para wisatawan. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi Anda untuk berwisata kuliner di Ambon.

Related posts: