Berbagai Kegiatan Penting Untuk Kesehatan Kulit

Kulit merupakan organ tubuh paling luar yang sangat mudah terkena kontaminasi kotoran, bakteri, atau mikroorganisme lain. Karena hal tersebut, menjaga kesehatan kulit sangat penting. Jangan sampai mengabaikan kesehatan kulit karena ternyata bisa juga menimbulkan gejala yang sangat serius. Menjaga kesehatan kulit juga berguna untuk membuat kulit lebih bagus dan sehat.

Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat

Ada berbagai cara mudah yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak butuh biaya yang mahal, kulit bisa kita jaga jika kita rajin melakukan berbagai berikut.

  1. Hindari Merokok

Kegiatan merokok saat ini sudah menjadi bagian hidup banyak orang. Tetapi siapa sangka rokok juga dapat merusak kulit yang mana membuat kulit lebih cepat menua. Kolagen yang terdapat dalam kulit akan kehilangan elastisitasnya sedikit demi sedikit karena merokok, dan juga racun tembakau dapat merusak sel-sel di dalamnya.

  1. Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga dapat berakibat buruk bagi kulit. Berikut ini beberapa dampak buruk bagi kulit jika mengonsumsi alkohol.

  • Merusak organ hati yang berguna menghilangkan racun sehingga racun dalam tubuh akan terakumulasi. Karena itu kulit akan terlihat lebih kusam atau tidak sehat.
  • Seperti rokok, alkohol juga dapat mengurangi produksi kolagen sehingga kulit akan mengalami kerutan dan kehilangan elastisitasnya.
  • Melebarnya pembuluh darah, khususnya di area sekitar mata sehingga terlihat membengkak atau kemerahan di sekitar kelopak mata.
  • Hormon menjadi kurang stabil yang akhirnya membuat produksi minyak meningkat.
  1. Porsi Tidur Cukup

Dengan tidur yang kurang, kulit akan terlihat seperti kelelahan dan kusam. Semakin kurang waktu tidur, maka semakin tinggi risiko kulit tidak sehat.

  1. Pola Makan Sehat

Mengonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan kesehatan kulit dan bisa membuat kulit tampak lebih muda dan juga terlihat sehat.

  1. Mengendalikan Stress

Stress yang berlebih bisa menambah jumlah lemak berminyak sehingga dapat menutup pori-pori dan membuat bakteri terjebak yang nantinya menimbulkan jerawat.

Di atas merupakan beberapa kegiatan yang harus dihindari dan juga beberapa harus dilakukan untuk menjadikan kulit kita menjadi lebih sehat.

Related posts: