Berbisnis Daur Ulang Plastik

peluang usahaSampah plastik adalah salah satu masalah besar yang sampai saat ini masih sangat sulit ditemukan cara penanggulangan yang efektif. Sampah plastik merupakan sampah yang tersusun atas ratusan rantai polimer sintesis yang sulit didegradasi oleh mikroorganisme. Berbeda dengan sampah organik pada umumnya, sampah plastik tidak mudah didegradasi oleh mikroorganisme. Bahkan sebuah plastik yang ada di tanah masih belum dapat didegradasi secara sempurna selama 100 tahun. Jika hal ini terus terjadi tentu akan menimbulkan masalah yang semakin serius bagi berbagai macam ekosistem di alam baik ekosistem perairan maupun tanah. Pembakaran adalah salah satu metode yang digunakan oleh banyak orang untuk menanggulangi masalah sampah plastik. Namun, hal ini justru akan menimbulkan masalah baru yaitu berupa polusi udara. Untuk itu, ada berbagai macam inovasi yang digunakan untuk menanggulangi keberadaan plastik yang ada di alam tentunya dengan menggunakan metode yang lebih aman. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendaur ulang plastik menjadi berbagai macam produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Bisnis Daur Ulang Dari Plastik Menjadi Produk Dengan Nilai Jual Tinggi

Ada berbagai macam jenis sampah plastik yang dihasilkan setiap harinya seperti plastik tempat makanan instan, plastik belanjaan, dab berbagai macam produk yang menggunakan plastik sebagai unsur penyusunnya. Dari berbagai macam jenis plastik tersebut akan dihasilkan berbagai produk daur ulang yang berbeda-beda. Sebagai contoh limbah plastik dari botol minuman gelas dapat digunakan untuk membuat keranjang, plastik belanjaan dapat diubah menjadi bunga yang cantik, bungkus kopi dapat digunakan untuk membuat tas, tempat tisu, dan berbagai produk lainnya. Produk-produk yang dihasilkan ini dapat memiliki nilai jual yang tinggi mulai dari puluhan ribu sampai dengan ratusan ribu rupiah. Bahkan ada beberapa produk yang dibuat dengan teknik yang rumit serta bahan-bahan yang sulit diperoleh mampu mencapai jutaan rupiah.

Untuk memperoleh bahan dasar membuat kerajinan ini Anda dapat membelinya kepada warung-warung kopi untuk memperoleh bungkus kopi atau dengan membelinya pada kulak barang-barang bekas. Memulai bisnis ini tentulah Anda harus memiliki tingkat ketekunan yang tinggi. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan untuk membuat berbagai macam produk dari plastik. Jika usaha Anda telah berkembang dengan baik, Anda dapat memperkerjakan warga yang berada di sekitar Anda.

Related posts: