Cara Cerdik Pengantin Baru Dalam Membeli Rumah

Artikel kali ini akan membahas tentang cara untuk pengantin baru dalam membeli rumah pertamanya yang cocok untuk Anda yang sedang mencari tanah rumah Menteng dijual. Tentu saja setiap pasangan yang baru menikah lebih ingin membeli rumah baru untuk tempat tinggal mereka daripada terus menerus numpang bersama orang tua. Sebaiknya membeli rumah ini harus dilakukan secara cepat atau dapat diprioritaskan karena nilai harganya yang terus melonjak dengan cepat. Oleh karena itu simak tips berikut untuk Anda pengantin baru.

Cek Utang Anda

Jika Anda memutuskan untuk membeli tanah rumah Menteng dijual dengan cara KPR atau Kredit Perumahan Rakyat, maka sebaiknya Anda cek terlebih dahulu apakah Anda memiliki utang. Minimal selama 6 bulan sebelum memutuskan untuk KPR sebaiknya semua utang sudah terlunasi dengan memiliki surat bukti pelunasan.

Apabila Anda pernah memiliki tunggakan pembayaran kredit di bank lebih dari 2 bulan secara berturut-turut, maka Anda terdaftar dalam daftar hitam dari Bank Indonesia. Yang perlu Anda pahami adalah bahwa bank membagi debitur ke dalam 5 peringkat. Peringkat tersebut antara lain pembayaran lancar, pembayaran di dalam perhatian khusus, pembayaran kurang lancar, pembayaran diragukan dan pembayaran macet. Anda hanya diberikan waktu selama 6 bulan untuk dapat memulihkan peringkat Anda. Setelah itu barulah Anda dapat mengajukan kredit kembali seperti KPR.

Penghasilan Dan Cicilan Per Bulan

Sebelum Anda mengajukan kredit sebelumnya Anda harus menghitung berapa total penghasilan Anda dan pasangan Anda yang kemudian Anda kurangi dengan nominal kebutuhan rutin Anda setiap bulan. Setelah Anda mendapatkan sisanya itulah dapat Anda jadikan uang cicilan rumah. Yang harus Anda ketahui adalah bahwa bank menghitung sebesar 30% dalam angka kesanggupan Anda mencicil yang dipatok dari penghasilan Anda per bulan. Semisal jika total penghasilan Anda dan pasangan Anda mencapai Rp. 10.000.000 maka Rp. 3.000.000 dianggap aman untuk dapat mengajukan kredit dengan nominal cicilan sekitar Rp. 3.000.000.

Demikian artikel tantang tips yang harus Anda ketahui sebelum Anda membeli tanah rumah Menteng dijual. Pertimbangkan matang-matang sebelum Anda melakukannya agar Anda tidak sampaiĀ  terlibat dengan kredit macet.

Related posts: