Cara Melakukan Penerbitan Izin Usaha

Memiliki sebuah bisnis atau usaha sendiri untuk memperoleh pendapatan tentu merupakan suatu hal yang diimpikan oleh banyak orang. Berbagai jenis usaha dapat dilakukan oleh masyarakat, dan pada umunya mereka melakukan usaha perdagangan.

Kendati demikian, agar usaha yang dijalankan dapat diakui di mata hukum, tentu usaha perdagangan tersebut haruslah mengantongi surat izin usaha perdagangan atau biasa dikenal dengan SIUP. Untuk menerbitkan SIUP ini, ada beberapa prosedur yang mesti kita lalui.

Prosedur dalam Mengajukan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Agar usaha perdagangan yang kita jalankan menjadi legal, maka kita harus memiliki SIUP atas usaha tersebut. Kita bisa melakukan pengajuan menerbitkan SIUP atas usaha perdagangan yang kita jalankan melalui beberapa prosedur.

Yang pertama adalah kita bisa mendatangi kantor Dinas Perdagangan terdekat di kota tempat kita menjalankan usaha. Disana kita akan mengambil formulir pendaftaran SIUP atau surat permohonan penerbitan SIUP.

Prosedur ini cukup mudah, sebab kita tidak perlu datang sendiri langsung ke kantor Dinas Perdagangan.  Jika kita tidak memiliki waktu luang untuk menyambangi Dinas Perdagangan, maka kita bisa mewakilkan hal ini kepada orang yang kita percayakan. Namun, kita harus melampirkan surat kuasa yang ditanda tangani di atas materai.

Kemudian, setelah kita mendapatkan formulir permohonan penerbitan SIUP, kita harus mengisi formulir tersebut. Isi dengan lengkap semua kolom yang diminta sesuai dengan petunjuk dari Dinas Perdagangan. Lalu, setelah semua kolom isian sudah diisi, formulir tersebut harus dibubuhi materai dan ditandatangani oleh pemilik atau penanggung jawab perusahaan.

Selanjutnya, kita perlu membayar biaya administrasi permohonan penerbitan SIUP tersebut. Biaya yang perlu kita bayarkan ini bisa bervariasi, tergantung dari besar kecilnya usaha perdagangan yang kita miliki. Selain itu, ini juga bergantung pada daerah domisili usaha. Sebab, besaran tarif tersebut juga diatur oleh pemerintah daerah setempat, sehingga setiap daerah memiliki tarif penerbitan SIUP yang berbeda-beda.

Mudahnya Mengurus SIUP

Di era modern ini bahkan kita bisa lebih dipermudah dalam mengurus SIUP. Kita bisa mengajukan penerbitan SIUP secara online. Untuk mendapatkannya, kita bisa mengunjungi situs Dunianotaris.com

Related posts: