Cara Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan panca indra yang memiliki peran sangat penting. Namun nyatanya banyak orang yang mengalami gangguan pada mata sehingga tidak bisa melihat secara normal. Beberapa gangguan pada mata antara lain adalah rabun jauh, rabun dekat, silinder, dan mata tua. Dan biasanya untuk mengatasi permasalahan ini Kebanyakan orang memilih untuk menggunakan kacamata. Untuk menjaga kesehatan mata ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Tips Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata.

– Atur waktu dan jarak di depan layar

Layar HP dan komputer merupakan salah satu indikasi yang menyebabkan kinerja mata menjadi menurun. Untuk itu maka aturlah waktu untuk bermain di depan layar ponsel ataupun komputer sehingga mata tidak terlalu lelah. Selain itu juga perhatikan jarak antara mata dengan layar sehingga tidak begitu dekat. Karena semakin dekat jarak mata dengan layar maka akan semakin banyak pula cahaya yang akan masuk ke mata dan menyebabkan penglihatan menjadi buram.

– Atur posisi mata ketika membaca

Kesalahan yang cukup sering dilakukan oleh orang-orang adalah membaca buku yang terlalu dekat atau dengan posisi yang salah. Sebisa mungkin Bacalah buku dengan posisi duduk dan jarak antara mata dengan buku kurang lebih 30 cm. Hindari membaca buku dengan posisi tidur dan jarak yang terlalu dekat. Hal ini tentu bisa menyebabkan kinerja mata menjadi menurun dan penglihatan akan menjadi buram.

– Konsumsi buah dan sayur kaya vitamin A

Buah dan sayuran yang mengandung vitamin A sangat dianjurkan untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan mata. Beberapa jenis buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata adalah tomat, apel, alpukat, pepaya, dan jambu. Buah-buahan ini bisa dimakan secara langsung maupun dibuat jus sehingga rasanya akan lebih lezat. Sementara apabila ingin mengonsumsi sayur-sayuran maka bisa mengonsumsi bayam wortel, kubis, sawi, dan sayuran yang lainnya.

– Atur cahaya yang masuk ke mata

Salah satu indikator yang menyebabkan terjadinya gangguan mata adalah karena cahaya yang terlalu banyak masuk ke mata ataupun terlalu sedikit. Ketika berada di depan layar komputer ataupun gadget usahakan untuk mengurangi pencahayaan sehingga mata akan lebih terjaga. Sementara ketika membaca buku usahakan untuk tidak berada di tempat yang gelap karena hal ini juga akan menyebabkan mata tidak bisa bekerja secara maksimal.

Related posts: