Cara Penanganan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

tips kesehatanMendengar tekanan darah tinggi, pembaca di sini pasti tak asing lagi jika mendengarnya. Pasalnya tekanan darah tinggi atau disebut pula dengan hipertensi, sudah diidap oleh banyak orang di Indonesia. Penyebab tekanan darah tinggi tersebut tentu cukup banyak. Namun yang paling dominan disebabkan karena adanya keturunan. Jika Anda memang memiliki keturunan darah tinggi, tentu akan lebih sulit untuk menghindari penyakit tersebut. Nah jika Anda sudah memiliki riwayat hipertensi, pasti harus bisa lebih hati-hati. Pasalnya ada beberapa jenis makanan serta aktivitas yang dapat sebabkan tekanan darahnya meningkat. Agar tekanan darah tidak meningkat atau tetap di posisi yang stabil, Anda harus bisa lebih memperhatikan asupan serta aktivitas yang dilakukan.

Cara pertama supaya tekanan darah stabil, Anda harus menahan agar tidak tergiur dengan makanan-makanan yang asin. Tekanan darah sangat sensitif ketika penderitanya mengonsumsi garam yang berlebih. Gejala yang bisa langsung timbul adalah pusing. Cara kedua, hindari makanan berlemak dan hindari pula beberapa jenis makanan yang dapat merangsang tekanan darah. Makanan berlemak contohnya adalah rendang, gorengan dan sebagainya. Kemudian untuk jenis makanan yang merangsang tekanan darah contohnya seperti daging kambing, buah durian, daun pepaya dan sebagainya. Cara ketiga, jangan tidur dini hari. Pasalnya para penderita hipertensi memang akan selalu merasa pusing jika tidurnya terlalu malam.

Rasa pusing yang dirasakan itu pun akhirnya menyebabkan tekanan darahnya menjadi meningkat. Cara penanganan keempat, jangan memikirkan sesuatu berlebihan dan akhirnya merasa stres. Stres pasti akan sebabkan kepala menjadi pusing. Seperti yang telah Anda baca tadi, rasa pusing dapat sebabkan meningkatkan tekanan darah. Untuk itulah Anda harus bisa lebih bersikap santai dalam hadapi semua permasalahan. Tips berikutnya, jangan lupa konsumsi makanan yang sehat seperti sayur hingga buah. Usahakan sayur serta buah yang nantinya dikonsumsi itu mengandung banyak air. Sehingga bisa membantu membuang kolesterol serta garam yang masuk ke dalam tubuh. Cara terakhir, dengan berolahraga. Jika ingin mempunyai tekanan darah di posisi stabil, Anda pun tidak boleh malas olahraga. Pasalnya olahragalah yang membuat tubuh lebih segar, pikiran fresh dan kolesterol juga hilang. Jika ketiga hal tersebut bisa Anda dapatkan, percayalah pasti tekanan darah akan selalu stabil.

Related posts: