Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan adalah sesuatu yang sangat mahal harganya. Oleh karena itu, kita patut bersyukur ketika diberikan tubuh dan jiwa yang sehat oleh Tuhan. Salah satu bentuk syukur yang dapat kita tunjukan adalah dengan menjaga kesehatan yang kita punya. Bahkan, sebuah riset menunjukkan bahwa menjadi sehat merupakan salah satu resolusi paling populer yang diinginkan banyak orang. sayangnya, tidak semua orang bisa menjaga kesehatan mereka karena pola hidup yang tidak sehat. Padahal, ada banyak cara sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Menjaga menu dan pola makan

Kesibukan yang harus kita hadapi setiap harinya sering kali membuat kita melupakan waktu makan sehingga sering telat makan. Atau waktu makan yang singkat membuat kita lebih memilih makanan cepat saji ketimbang menu makanan sehat. Kebiasaan demikian tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Kebiasaan telat makan bisa menyebabkan kita terkena gastritis. Menu makanan cepat saji yang sering kita konsumsi juga akan menumpuk banyak kolesterol jahat di tubuh kita. Kandungan yang ada di dalam makanan cepat saji juga tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi lain seperti mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh kita. Untuk dapat memiliki tubuh yang sehat, maka pola makan dan menu makanan harus sangat diperhatikan.

Membersihkan mulut dan gigi dengan teratur

Mulut merupakan organ pencernaan pertama yang dilalui makanan ketika akan masuk ke dalam tubuh. selain itu, mulut juga terletak dekat dengan saluran pernapasan. Ketika rongga mulut dalam kondisi kotor, ada banyak sekali bakteri yang mungkin saja kita telan ketika makan tanpa kita sadari. Bakteri yang ada di dalam mulut juga bisa terhirup hingga ke paru-paru dan sering menyebabkan peradangan.

Oleh karena itu, kebersihan mulut harus sangat kita perhatikan dengan menyikat gigi dua kali sehari. Berkumur dengan cairan mouthwash juga akan sangat menjaga kebersihan mulut. Selain itu, mulut dan gigi yang bersih juga akan membuat kita lebih percaya diri ketika berbicara secara dekat dengan orang lain.

Related posts: