Cara Turunkan Panas Balita yang Mudah

tips kesehatanKetika balita terserang penyakit pasti rata-rata orangtua akan langsung sibuk dan panik karena tidak tahu apa yang seharusnya dilakukan. Contohnya saja ketika balita diserang demam, pasti beberapa orangtua akan langsung berpikir untuk membawanya ke dokter. Namun padahal demam adalah sebuah gejala dari sebuah penyakit yang tidak perlu diambil pusing. Demam pada balita bisa disembuhkan dengan mudah secara alami. Jika tidak tahu bagaimana penanganannya yang tepat, berikut kami beritahukan Anda tentang sejumlah penanganannya. Dengan begitu Anda sebagai orangtua, tidak akan merasa panik lagi ketika balita sedang mengalami demam.

Langkah Penanganan Demam Pada Balita

Langkah penanganan pertama, Anda harus mencoba turunkan demam dengan mengompres. Kompres dahi anak Anda menggunakan handuk kecil yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin. Dengan begitu, panas pun akan terserap ke handuk yang sudah dicelupkan air dingin tersebut. Langkah penanganan kedua, Anda harus lebih sering untuk memberikan ASI kepada anak. Mengapa begitu? ASI merupakan salah satu asupan yang paling manjur dalam menangkal semua penyakit. Pasalnya di dalam ASI itu terdapat begitu banyak kandungan yang dibutuhkan oleh sistem imun tubuh si anak. Untuk itu selama mengalami demam, Anda harus lebih sering dalam memberikan ASI. Langkah penanganan yang ketiga, cobalah untuk membuat ruangan lebih nyaman bagi anak.

Pasalnya selama alami demam, balita pasti merasakan ketidaknyamanan. Untuk itu Anda sebagai orangtua harus bisa mengatur ruangan senyaman mungkin. Contohnya, jika sang anak selalu rewel jika suhu ruangannya panas, maka Anda harus bisa menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Langkah penanganan yang berikutnya, Anda bisa membantu untuk menghangatkan tubuh si anak. Pasalnya anak yang terkena demam pasti akan menggigil. Untuk itu Anda bisa menghangatkannya dengan minyak kayu putih yang dibalurkan ke seluruh badan. Jika Anda sudah menjalankan beberapa penanganan di atas, beberapa hari ke depan pasti demam pun akan hilang. Namun jika sudah satu minggu tak ada perubahan, ada baiknya bawa ke dokter karena bisa jadi itu merupakan demam yang mengindikasikan penyakit lebih serius.

Related posts: