Contoh Pengisian Kwitansi Yang Baik Dan Benar

Kwitansi merupakan sebuah bukti transaksi yang sering kita jumpai terutama ketika membayar suatu jasa atau membayar sebuah barang bernilai tinggi. Contoh kwitansi yang baik adalah kwitansi yang menyertakan segala hal yang diperlukan di dalam pencatatan kwitansi.

Hal yang Diperlukan Dalam Pengisian Kwitansi

Kwitansi memiliki dua bagian yakni bagian yang lebar untuk diberikan kepada penerima jasa atau pembeli dan bagian kecil (sub kwitansi) yang tetap menempel di buku digunakan sebagai bukti penerimaan uang dari pembeli. Dalam dua bagian tersebut, ada hal-hal yang diprioritaskan untuk diisi dan ada pula yang tidak perlu diprioritaskan. Artinya jika transaksi tersebut tidak menyangkut sesuatu yang bernilai tinggi, maka tidak mengapa jika melewatinya.

  1. Nomor kwitansi

Nomor kwitansi sangat penting untuk ditulis di kedua bagian kwitansi demi keperluan pemeriksaan apabila terjadi pemalsuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, seseorang mengatakan ia telah membayar kontrakan pada bulan tersebut, padahal ia belum membayar. Anda bisa meminta nomor kwitansinya untuk mencocokkannya dengan bukti pembayaran yang Anda pegang.

  1. Nama pembayar

Sangat penting dalam menuliskan nama lengkap pembayar dengan jelas agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari. Tuliskan di kedua bagian kwitansi, jika tidak memungkinkan menuliskan nama lengkap di lembar kecil Anda dapat menyingkat namanya.

  1. Jumlah pembayaran

Untuk menuliskan jumlah, jika Anda terburu-buru, maka Anda bisa menuliskan jumlah dalam nominal angka di bagian bawahnya tanpa mengisi bagian terbilang. Namun untuk contoh kwitansi yang baik, akan lebih baik jika Anda menulis keduanya, sehingga apabila tulisan Anda tidak jelas, Anda dapat merujuk kepada yang lainnya.

  1. Tujuan pembayaran

Tulislah dengan sedetail-detailnya tujuan pembayaran agar tidak menjadi masalah kelak suatu hari. Misalnya, jangan hanya menuliskan pembayaran uang muka mobil, namun tuliskan merk, warna serta plat mobil.

  1. Tempat dan tanggal pembayaran dan tanda tangan

Tempat dan tanggal pembayaran termasuk salah satu hal yang paling penting untuk diisi karena nantinya akan masuk ke dalam catatan pembukuan. Tanda tangan juga wajib dibubuhkan karena menyangkut orang yang bertanggung jawab atas penerimaan pembayaran. Tanggal pembayaran harus dituliskan dalam kedua bagian kwitansi. Contoh kwitansi yang baik adalah yang memenuhi semua hal yang telah disebutkan di atas.

Related posts: