Dampak Asap Rokok Terhadap Penyakit Retina

Dokter RetinaBanyak yang tahu soal dampak negatif atau bahaya dari asap rokok tetapi tidak banyak yang tahu kaitan asap rokok ini dengan penyakit retina. Kebiasaan merokok memang lebih diidentikkan dengan penyakit-penyakit kronis seperti jantung, paru, kanker, stroke, dan gangguan terhadap kehamilan serta janin. Sementara itu saat menyinggung mengenai penyakit mata tentu saja yang bakal terbesit untuk penyebabnya mulai dari cedera mata/retina, komplikasi dari penyakit kronis, atau terlalu lama bermain ponsel dan kebiasaan membaca sambil tiduran dengan kondisi minim cahaya. Namun ternyata asap rokok ini juga bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mata sehingga bisa mengganggu penglihatan seseorang.

Inilah Dampak Asap Rokok Terhadap Penyakit Retina

Sebelum membahas lebih jauh soal asap rokok dengan penyakit retina ini tidak ada salahnya untuk mengetahui apa sebenarnya penyakit tersebut. Jadi penyakit ini merupakan gangguan pada retina yang ada di dalam mata dan akibat adanya gangguan tersebut maka bisa memberikan pengaruh buruk terhadap penglihatan. Organ retina yang berada di belakang mata ini berbentuk seperti lapisan tipis dengan jutaan sel di dalamnya yang sensitif dengan cahaya dan berfungsi juga untuk menerima sekaligus mengatur informasi visual melalui saraf optik. Jadi bisa dibayangkan buka betapa pentingnya fungsi dari retina ini.

Dengan terganggunya fungsi retina maka penglihatan seseorang menjadi kabur dan yang terparah sampai mengalami kebutaan. Untuk asap rokok sendiri mengandung beberapa zat kimia yang merugikan salah satunya nikotin dan cobalah duduk di dekat perokok dan jika mata terlalu lama terpapar asap rokok tadi pasti mata menjadi terasa perih dan mengalami iritasi. Jika sekali dua kali terkena mungkin dampaknya tidak fatal dan untuk iritasinya bisa diatasi dengan obat tetes mata. Tetapi lain ceritanya bagi perokok aktif yang sudah tahunan merokok dan tak terhitung lagi berapa lama mata mereka terkena asap rokok. Sebagai informasi saja asap rokok ini memang bisa memicu penyakit retina dikarenakan sifatnya yang tajam sehingga bisa melukai lapisan terluar mata bahkan masuk ke dalam jaringan mata yang lebih dalam lalu nikotin bisa mengurangi kualitas retina.

Related posts: