Ekosistem: Pengertian, Komponen Pembentuk Dan Tipe Ekosistem

Kaum intelektual sudah pasti tidak akan asing dengan istilah ekosistem. Ekosistem merupakan penggabungan dari unit-unit biosistem dengan adanya interaksi timbal balik antara organisme dengan lingkungan sehingga terjadi siklus antara organisme dan anorganisme. Pengertian dan definisi ekosistem tersebut mungkin akan membuka kembali ingatan Anda dalam mempelajari pelajaran IPA di SD atau pun SMP. Nah, selain Anda memahami makna dari ekosistem tersebut maka Anda pun harus memahami secara keseluruhan mengenai komponen pembentuk sekaligus tipe ekosistem sebagai pengetahuan dan wawasan untuk diri Anda.

Apa Saja Komponen Pembentuk Dan Juga Tipe Ekosistem?

Bukan sebatas memahami pengertian dan definisi kata ekosistem saja melainkan di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa hal lainnya seperti komponen pembentuk ekosistem dan juga tipe dari ekosistem itu sendiri. Di dalam ekosistem maka akan berbicara secara luang mengenai lingkungan yang terjadi hubungan timbal balik diantara pelakunya. Komponen pembentuk di dalam ekosistem ini antara lain adalah abiotik (komponen kimia dan fisika sebagai tempat berlangsungnya kehidupan dengan beragam bentuk variasi ruang dan waktu), air, garam, cahaya matahari, tanah, batu dan juga iklim. Sedangkan pada tipe ekosistem terbagi menjadi 6 bagian yaitu ekosistem air tawar, ekosistem air laut, ekosistem esturi, ekosistem pantai, ekosistem sungai dan juga ekosistem terumbu karang. Dari banyaknya tipe ekosistem tentunya masing-masing ekosistem tersebut memiliki ciri-ciri masing-masing yang memberikan ciri khas dari interaksi yang terdapat di dalamnya. Ekosistem air tawar merupakan ekosistem yang memiliki ciri-ciriĀ  seperti tidak memiliki variasi suhu yang mencolok, jenis tumbuhan yang hidup di dalam ekosistem ini adalah tumbuhan ganggang dan juga tumbuhan biji. Sedangkan ekosistem air laut memiliki ciri-ciri dimana salinitas atau pun kadar garam yang tinggi dimana kadar dari garam tersebut bisa mencapai 55%.

Pengertian dan definisi, komponen pembentuk dan juga tipe ekosistem telah diuraikan secara singkat dan jelas. Informasi ekosistem yang tersaji memberikan banyak manfaat bagi pengetahuan Anda sehingga Anda akan semakin banyak tahu mengenai ekosistem dan juga beberapa hal yang mempengaruhinya.

Related posts: