Fungsi Retina Dalam Proses Melihat

RetinaMata merupakan jendela kehidupan sehingga perannya sebagai salah satu 5 panca indra sangatlah penting. Jika kita lihat ke dalam mata, mata memiliki struktur bagian yang sangat kompleks dengan peranannya masing-masing. Salah satunya adalah retina atau dengan nama lain disebut selaput jala.  Selaput jala letaknya berada di dalam mata yang memiliki kepekaan terhadap sinar dan bayangan yang masuk ke dalam mata. Yang kemudian dikirim ke otak untuk diterima dan diolah menjadi bentuk yang seperti aslinya di mata Anda. Bintik kuninglah yang membuat Anda dapat menangkap dan menerima bentuk yang sesungguhnya dari sesuatu yang Anda lihat bukan dalam bentuk terbalik. Terdapat 2 buah sel peka cahaya, yaitu sel kerucut yang fungsinya untuk melihat pada tempat yang terang sedangkan sebaliknya sel batang berfungsi untuk melihat di tempat yang gelap.

Retina Sebagai Penangkap Cahaya

Proses diterimanya cahaya oleh mata begitu rumit namun terjadi sangat cepat. Retina yang terletak di belakang mata ini merupakan lembaran tipis yang terdiri dari sel-sel saraf yang saling berhubungan termasuk sel-sel peka cahaya. Dan disinilah tempat terjadinya cahaya diubah menjadi sinyal listrik/saraf langsung ke otak melalui saraf optik. Karena sebenarnya manusia melihat menggunakan otak, bukan mata. Karena mata hanya sebagai perantara untuk mengumpulkan informasi tentang objek yang sedang dilihat. Selanjutnya informasi yang didapat dianalisis atau di proses oleh otak bagian kosteks visual sehingga manusia dapat melihat objek dalam bentuk jadinya.

Kepekaan selaput jala terhadap cahaya menentukan ketajaman penglihatan manusia. Seorang ilmuwan menyebutkan bahwa kepekaan jala mata terhadap cahaya 30 ribu kali lebih kuat dibandingkan dengan lensa kamera. Kepekaan serba guna ini terjadi karena adanya 125 juta sel batang yang berfungsi untuk melihat di tempat sedikit cahaya dan 5,5 juta sel kerucut yang peka terhadap cahaya terang. Melihat begitu pentingnya peranan si penangkap cahaya ini, sudah kewajiban manusia untuk selalu menjadi dan merawatnya agar berfungsi baik sebagaimana mestinya. Adapun beberapa penyakit yang dapat menyerang retina seperti kencing manis, kelainan darah dan darah tinggi.

Related posts: