Hikmah Dari Ibadah Qurban

 

Idul Adha yang selalu dirayakan umat Islam di seluruh dunia setiap tanggal 11,12,13 Dzulhijjah identik dengan ibadah qurban, yaitu menyembelih hewan ternak dengan tujuan untuk memperoleh ridho dari Allah SWT. Hukum dalam pelaksanaan ibadah qurban ini adalah Sunnah Muakkad atau sangat dianjurkan bagi yang mampu. Jadi jika Anda seorang muslim dan mampu melaksanakan ibadah qurban, maka sangat dianjurkan untuk melaksanakannya pada saat Hari Raya Idul Adha nanti.

Sejarah Qurban

Ibadah qurban sendiri adalah ibadah yang memiliki sejarah yang sangat penting bagi umat Islam, yaitu pada saat Allah memberikan perintah pada Nabi Ibrahim AS untuk menyembelih anaknya yaitu Nabi Ismail AS. Perintah tersebut disampaikan melalui mimpi yang dialami Nabi Ibrahim AS. Dalam mimpi tersebut, Allah memerintahkan kepada Nabi Ibrahim AS untuk melakukan hal-hal berikut.

  1. Nabi Ibrahim AS disarankan untuk mengasah pisau yang akan digunakan untuk menyembelih putranya agar putranya yaitu Nabi Ismail AS segera meninggal dan tidak akan terjadi penyesalan di hati sang ayah.
  2. Nabi Ismail AS harus ditutupi pada saat akan disembelih agar ayahnya tidak merasa ragu-ragu
  3. Setelah disembelih, baju Nabi Ismail AS harus diserahkan kepada ibunya sebagai sebuah bukti.

Kemudian berdasarkan QS Asy-Syafaat ayat 103-111, diceritakan bahwa perintah Allah tersebut dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim AS dan putranya dengan ikhlas. Lalu Allah mengganti Nabi Ismail AS dengan seekor hewan ternak. Sehingga Nabi Ismail tidak jadi disembelih. Kemudian semenjak Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi Rasulullah, beliau menjadikan momen tersebut sebagai Hari Raya Idul Adha.

Hukum Qurban

Ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang hampir mendekati wajib, yaitu sangat dianjurkan bagi yang mampu. Sebab, ibadah qurban ini memiliki posisi yang penting dalam amalan. Begitu pula dengan keutamaan ibadah qurban, yang pertama adalah mengimplementasikan sunnah Nabi Ibrahim AS. Kemudian dengan melakukan ibadah qurban berarti kita telah berbagi dengan sesama.

Syarat Hewan Qurban

Hewan yang dijadikan hewan qurban adalah hewan ternak, seperti, kambing, sapi, domba, dan unta. Namun untuk memilih hewan qurban tersebut, ada beberapa syarat yaitu sudah cukup umur, tidak cacar, hewan qurban adalah hewan yang terbaik. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap tentang ibadah qurban, Anda dapat mengaksesnya melalui Penakecil.com.

Related posts: