Hitungan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

berat badan ideal ibu hamilMenjaga berat badan ideal ibu hamil adalah sesuatu hal yang wajib diperhatikan saat hamil. Pada saat Anda dinyatakan hamil maka secara langsung harus selalu menjaga berat badannya supaya ideal. Sebab berat badan selama hamil akan mempengaruhi kesehatan dan perkembangan janin. Berat badan yang terlalu gemuk bagi ibu hamil dapat beresiko hipertensi dan juga berdampak kepada kesehatan janin. Ibu hamil dengan berat badan obesitas biasanya harus melakukan operasi sesar karena tidak memungkinkan untuk persalinan normal. Hitungan berat badan ibu hamil terkadang menjadi misteri bagi ibu hamil. Sebab banyak sekali ibu hamil yang tidak mengetahui berapa seharusnya berat badan ideal yang harus dimiliki.

Perhitungan Berat Badan Ideal Ibu Hamil

Kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang biasanya karena terjadi akibat pertumbuhan bayi sehingga berat ibu akan bertambah. Namun untuk hitungan berat badan ideal ibu hamil yang tepat itu sendiri terkadang sulit. Nah, supaya pada masa kehamilan Anda dapat mengontrol berat badan dengan ideal maka simaklah perhitungan berat badan saat hamil berikut ini. Bagi ibu hamil yang memiliki berat badan terbilang kurus sebaiknya selama hamil harus bisa menaikkan berat badannya sebesar 13 sampai 18 kg. Biasanya sebelum hamil berat badan ibu hamil belum begitu mengalami perubahan sampai saat dinyatakan hamil baru akan terasa. Kemudian, bagi ibu hamil yang sebelum hamil berat badannya normal maka disarankan untuk menaikkan kurang lebih 11,5 sampai 16 kg saja.

Selanjutnya bagi ibu hamil yang memiliki berat badan lebih sebelum hamil sebaiknya menaikkan berat badannya sekitar 7 sampai 11,5 kg supaya tidak obesitas saat hamil. Ibu hamil yang sebelum memang sudah obesitas sebaiknya menaikkan berat badannya hanya sekitar 5 sampai 9 kg saja. Nah, khusus untuk ibu hamil yang mengalami obesitas atau berat badannya justru lebih dari perhitungan berat badan idealnya harus melakukan diet sehat dan aman. Kemudian, untuk ibu hamil anak kembar sebaiknya menaikkan berat badannya 11,5 sampai 24,5. Hamil anak kembar berarti kenaikan berat badannya akan jauh lebih banyak atau dua kali lipatnya supaya kedua bayinya sehat. Nah, itulah perhitungan berat badan ideal ibu hamil.

Related posts: