Ikan Cupang Jantan Dan Betina

cipanasfarmIkan cupang termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang masuk ke dalam golongan ikan air tawar. Ikan yang satu ini kerap dijadikan ikan hias. Hal ini dikarenakan ikan cupang memiliki keindahan sirip serta warnanya yang sangat beragam dan indah. Tidak sedikit orang yang mengoleksi ikan yang satu ini di akuariumnya untuk menambah indah pemandangan akuarium mereka. Karena ikan cupang termasuk ke dalam salah satu jenis ikan yang agresif, maka ikan yang satu ini kerap dijadikan sebagai ikan aduan. Di negara Thailand, hal ini sudah dianggap hal yang sangat umum. Akan tetapi, tidak sedikit negara yang menentang adanya aduan ikan cupang. Banyaknya minat akan ikan cupang membuat banyak orang yang melakukan budidaya ikan cupang. Banyak tips perikanan yang membahas hal yang satu ini. untuk memperoleh informasi lengkapnya, Anda dapat mengunjungi beberapa situs internet atau dengan membeli buku panduannya.

Perbedaan Ikan Cupang Jantan Dan Betina

Salah satu tahapan yang sangat penting dalam tips perikanan budidaya ikan cupang adalah pemijahan ikan cupang. Pemijahan adalah salah satu proses yang dilakukan untuk memperoleh benih ikan cupang. Dalam bahasa yang lebih sederhana, proses pemijahan merupakan salah satu proses perkawinan pada ikan. Ketika Anda akan melakukan proses pemijahan, tentu Anda harus mengetahui jenis ikan cupang tersebut apakah ikan tersebut merupakan ikan cupang betina atau ika cupang jantan. Selain itu, Anda juga harus mengetahui kematangan dari ikan cuang tersebut. Ada beberapa perbedaan yang terdapat dari kedua ikan tersebut. Perbedaan yang pertama dapat Anda ketahui dengan melihat usia. Kematangan ikan cupang jantan biasanya yang sudah memasuki usia 4 sampai dengan 8 bulan. Sedangkan ikan cupang betina akan memasuki usia kematangan pada bulan ke 3 sampai dengan 4.

Perbedaan yang kedua terdapat pada gerakan ikan tersebut. Ikan cupang jantan memiliki gerakan yang lebih lincah serta sangat agresif, sedangkan ikan cupang betina memiliki gerakan tubuh yang cenderung lamban dan kurang agresif. Perbedaan yang kedua dapat dilihat dari bentuk badannya. Ikan cupang jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih panjang sedangkan ikan cupang betina memiliki perut yang lebih buncit. Perbedaan selanjutnya terlihat pada sirip ikan cupang. Ikan cupang jantan memiliki warna sirip yang lebih menarik serta indah. Sedangkan ikan cupang betina memiliki bentuk serta warna sirip yang cenderung pendek dan kusam. Demikian beberapa perbedaan yang terdapat pada ikan cupang jantan dan betina. Untuk memperoleh informasi lainnya mengenai perikanan, Anda dapat mengunjungi cipanasfarm.com.

Related posts: