Inilah 3 Manfaat Kopi yang Jarang Diketahui

Kopi adalah salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat. Rasa kopi yang pahit dan aromanya yang khas menjadikan kopi memiliki daya tarik tersendiri. Kopi menjadi pilihan di kala rasa kantuk melanda. Walaupun kopi khas dengan manfaatnya untuk menghilangkan rasa kantuk, namun kopi ternyata memiliki beberapa manfaat lain yang jarang diketahui.

1. Dapat Membakar Lemak

Kandungan kafein pada kopi telah terbukti dapat membakar lemak pada orang yang obesitas. Dan beberapa menu diet juga sering kali mencantumkan kopi sebagai menunya. Jadi, bagi Anda yang sedang berdiet, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi kopi hitam agar lemak Anda terbakar dan agar tujuan diet Anda dapat berhasil. Dan sebaiknya hindari penggunaan gula dalam minuman kopi Anda agar lemak Anda terbakar sempurna.

2. Dapat Mencegah Risiko Diabetes Tipe 2

Salah satu manfaat lain dari kopi yang jarang Anda ketahui adalah dapat mencegah diabetes tipe 2. Siapa sangka dengan meminum kopi ternyata dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa peminum kopi memiliki tingkat risiko 20-50% terkena penyakit diabetes tipe 2 ini. Hal ini menunjukkan orang yang minum kopi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit diabetes tipe 2 dibanding bukan peminum kopi.

3. Dapat Mengatasi Masalah Stres

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi secangkir kopi setiap harinya ternyata dapat mengatasi masalah stres hingga depresi yang dialami. Dengan meminum kopi, peminumnya dapat merasa lebih tenang dan senang karena kopi dapat memicu pelepasan hormon endorfin. Seperti yang diketahui, hormon endorfin ini dapat membuat perasaan tenang dan menjadi senang. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan orang depresi yang mengonsumsi kopi membuat orang tersebut tingkat kedepresiannya atau keinginannya untuk bunuh diri menjadi menurun hingga 50% dibanding orang yang tidak mengonsumsi kopi.

Itulah beberapa manfaat kopi yang jarang Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Dan semoga artikel ini dapat menjadi referensi Anda dalam hal tips-tips kesehatan.

Related posts: