Intip Manfaat Tanaman Enceng Gondok Bagi Kesehatan

tips kesehatanTanaman yang memiliki nama latin eichhornia crassipes ini banyak tumbuh di daerah perairan seperti sungai, danau, rawa-rawa, dan kolam. Pertumbuhan tanaman berwarna hijau ini sangat pesat, bahkan saking pesatnya tanaman yang satu ini sering dibasmi karena banyaknya populasi dari tanaman ini mengakibatkan dampak negatif seperti, menurunnya intensitas cahaya yang masuk ke dalam perairan, mengganggu aktivitas aliran air, dan sebagainya. Tanaman dengan nama latin eichhornia crassipes atau sering disebut dengan enceng gondok ini terkadang sering dibuang jika pertumbuhannya sudah melampaui batas. Akan tetapi, tahukah Anda ternyata dibalik dampak negatif dari terlalu pesatnya pertumbuhan enceng gondok ini ada manfaat yang dapat tersembunyi dibalik tumbuhan yang hidup mengapung ini.

Manfaat Tanaman Enceng Gondok Bagi Kesehatan

Tanaman mengapung yang satu ini ternyata memiliki beberapa kandungan yang mana dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit pada tubuh. Mulai dari akar yang mana mengandung senyawa sukfate dan fosfat. Selain itu, ada kandungan calcium (Ca), kalium (K), Natrium (Na), Mangan (Mn), Magnesium (Mg), dan sebagainya. Dengan berbagai kandungan yang ada, dapat mengobati penyakit seperti tenggorokan panas dalam, bisul, biduran, serta baik untuk Anda yang memiliki masalah kencing yang tidak lancar. Mengatasi beberapa masalah tersebut dapat Anda dapatkan solusinya melalui ramuan enceng gondok. Mengatasi biduran sangat mudah dan manjur Anda lakukan menggunakan rebusan daun enceng gondok, dan jangan lupa mengaplikasikannya sebagai obat luar. Dengan secara continue melakukan hal tersebut, biduran yang diderita akan berangsur sembuh.

Selain untuk mengatasi biduran, enceng gondok pun manjur untuk mengatasi kencing yang tidak lancar. Pernahkah Anda merasakan kencing Anda tidak lancar, hanya perut terasa sakitlah yang Anda rasakan sehingga akan menghambat aktivitas lainnya. Mengonsumsi olahan daun enceng gondok untuk dikonsumsi, maka dapat melancarkan sekresi urine dan meredakan dysuria atau rasa nyeri ketika kencing. Dengan rutin mengonsumsinya diharapkan akan ada kesembuhan setelahnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Related posts: