Jaga Kesehatan Makanan Yang Dikonsumsi Oleh Anak

Artikel kali ini akan membahas mengenai tips jajan aman dan sehat di tengah perkembangan industri pangan yang saat ini serba instan. Makanan merupakan salah satu zat yang harus dikonsumsi oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Bahkan tumbuhan pun memerlukan makanan baik itu didapat dari air maupun nutrisi lain dari pupuk yang diberikan.

Memilih Makanan Yang Sehat Dan Aman Pada Era Modern Ini

Manusia sebagai makhluk yang diciptakan dalam keadaan yang sebaik-baiknya memerlukan asupan makan setiap hari. Minimal dua kali sehari manusia harus mengonsumsi makanan. Makanan pokok dari setiap negara pun berbeda-beda tergantung sumber daya dan potensi daerahnya masing-masing. Misalnya negara-negara di benua Eropa menjadikan roti dan gandum sebagai makanan pokok.

Indonesia sebagai negara tropis umumnya menjadikan nasi sebagai makanan pokok, meskipun pada beberapa daerah memiliki makanan pokok yang berbeda seperti sagu, singkong, jagung, dan sebagainya. Terdapat beberapa penyakit yang bisa ditularkan melalui makanan atau disebut dengan food borne disease. Hal ini membuktikan bahwa kehigienisan sanitasi atau kebersihan makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Makanan berfungsi sebagai sumber energi, sumber zat pengatur sel dan jaringan dalam tubuh, sumber zat pembangun, bahkan berfungsi untuk menjaga panas dalam tubuh. Saat ini ada pula oknum nakal yang menambahkan bahan makanan tambahan yang tidak diizinkan karena tidak memenuhi syarat kesehatan. Misalnya penambahan formalin maupun boraks sebagai bahan pengawet makanan. Hal ini tentunya membuat Anda waswas apabila anak jajan di luar.

Apalagi saat masa kanak-kanak rasa ingin tahunya tinggi serta banyak sekali pedagang yang menjajakan makanan di depan sekolah sehingga mudah menggoda anak-anak. Oleh karena itu, Anda perlu membekali anak dengan pengetahuan mengenai jajanan yang sehat dan aman seperti berikut ini.

  • Tidak Berwarna Mencolok

Bahan pewarna yang ada saat ini pun dapat menjadi salah satu indikator makanan sehat atau tidak. Bahan pewarna alami umumnya memiliki warna yang lebih natural dan pucat sesuai dengan bahan baku pembuatannya.

  • Dikemas dan Ditutup dengan Rapat

Makanan yang dikemas tentunya memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkontaminasi lalat dan debu.

Related posts: