Jenis Besi Konstruksi Beserta Fungsinya

Penggunaan baja konstruksi tidak bisa sembarangan, karena nyatanya besi konstruksi memiliki jenisnya masing-masing. Masing-masing jenis besi konstruksi yang tersedia juga memiliki spesifikasinya tersendiri. Sehingga dalam pemakaiannya tidak bisa secara asal, akan tetapi harus disesuaikan dengan spesifikasinya masing-masing, supaya dalam penggunaannya tidak menimbulkan bahaya.

Berdasarkan Metode Pembuatannya

Pembagian jenis baja konstruksi yang pertama adalah berdasarkan metode pembuatannya. Meskipun sama-sama besi akan tetapi dalam pembuatannya terdapat perbedaan yang pada akhirnya akan menentukan spesifikasi besi tersebut.

  • Besi Tuang

Berdasarkan cara membuatnya jenis besi yang pertama adalah jenis besi tuang. Dalam pembuatan besi tuang biji besi sebagai material utama dipanaskan sampai berubah menjadi cair, setelah cair besi tersebut dituangkan ke dalam cetakan khusus untuk membentuk besi tersebut. Besi tuang ini dalam konstruksi sangat cocok untuk digunakan sebagai pipa, karena bisa dibentuk menjadi bermacam-macam, selain saluran pipa besi tuang juga bisa digunakan untuk membuat pintu gerbang atau teralis.

  • Besi Tempa

Jenis baja konstruksi berdasar cara membuat selanjutnya adalah besi tempa, untuk membuat besi tempa material besi dipanaskan tetapi tidak sampai meleleh, kemudian ditempa dengan cara dipukul. Kandungan unsur yang terdapat pada besi tempa ini tidak jauh berbeda dengan besi tuang. Hanya saja dalam penggunaannya untuk baja konstruksi besi tempa ini sudah mulai ditinggalkan, karena membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit. Penggunaannya biasanya difungsikan sebagai lantai tapal kuda.

  • Baja

Baja merupakan salah satu jenis Besi yang dalam pembuatannya dicampur dengan unsur lainnya, yaitu unsur carbon. Unsur carbon ditambahkan untuk membentuk kualitas dan karakter dari baja yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah karbon maka baja akan semakin lunak dan mudah untuk dibentuk. Dalam konstruksi sendiri baja merupakan komponen yang sangat banyak digunakan, terutama untuk bagian utama bangunan seperti tiang bangunan. Bentuknya juga bisa bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi.

Demikian beberapa jenis besi yang digunakan dalam konstruksi, untuk pemesanan dan jasa instalasi konstruksi baja silahkan kunjungi https://barokahindosteel.com dan dapatkan tawaran menariknya.

Related posts: