Jerawat Tak Kunjung Hilang? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Setiap orang memiliki jenis dan kondisi yang berbeda-beda. Ada orang yang jarang sekali membersihkan wajah dan cenderung sering terpapar debu, namun wajahnya tetap bersih dan mulus. Namun ada juga yang sudah rajin membersihkan wajah dan menggunakan masker penutup wajah saat di luar ruangan, tapi tetap saja berjerawat. Bahkan meskipun sudah menggunakan obat penghilang jerawat, tetap saja jerawat betah menempel di wajah.

Penyebab Munculnya Jerawat

Jerawat muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh pencampuran sel kulit mati, kotoran, dan sebum (zat yang di produksi kelenjar minyak yang berfungsi mencegah kekeringan pada kulit). Kemudian dapat terjadi infeksi yang disebabkan oleh bakteri pada daerah tersebut. Jerawat biasa tidak dapat dianggap enteng karena bisa menyebabkan peradangan yang lebih parah. Selain penyebab timbulnya jerawat tersebut, ada juga beberapa faktor yang dapat memicu munculnya jerawat.

Perubahan Hormon

Delapan dari sepuluh kasus jerawat pada orang dewasa terjadi akibat perubahan hormon, khususnya pada wanita. Sebab wanita mengalami siklus menstruasi yang dapat mengakibatkan perubahan hormon. Saat tiga hari menjelang menstruasi, biasanya timbul jerawat pada wajah. Begitu pula pada wanita hamil, pada trimester awal kehamilan biasanya jerawat mulai muncul. Beberapa jenis obat penghilang jerawat tidak dapat digunakan sembarangan untuk ibu hamil.

Pola Hidup Yang Tidak Sehat

Pola hidup sehat memang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. Selain itu kulit kita pun menjadi sehat dan terlihat segar. kecanduan merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu stres dan waktu istirahat yang kurang juga akan membuat kulit wajah kita lelah sehingga jerawat mudah tumbuh di wajah.

Jerawat juga bisa muncul akibat keturunan. Jika orang tua kita berjerawat, maka kemungkinan besar kita juga akan berjerawat. Namun dari semua penyebab munculnya jerawat, hal yang dapat kita lakukan adalah dengan tetap menjaga kebersihan kulit. Selain itu, apabila telah muncul jerawat, sebaiknya segera diberi obat penghilang jerawat agar tidak meradang. Anda dapat mengunjungi situs www.liakosmetik.com untuk mendapatkan obat penghilang jerawat yang ampuh.

Related posts: