Kemudahan dalam Memasang Lantai

Zaman sekarang segala sesuatu itu dipermudah, bahkan dalam hal membangun rumah bertingkat. Jika dulu cara untuk dak lantai masih menggunakan cara konvensional dan juga lebih memakan banyak waktu, kini tersedia panel lantai yang bisa mempermudah pembuatan lantai atas. Cara ini dinilai praktis dan efisien waktu. Sekarang yang menjadi masalah adalah seberapa kuat panel ini jika dibandingkan dengan dak biasa. Lalu apakah biaya yang dibutuhkan lebih murah jika dibandingkan dengan pengeluaran saat menggunakan cara biasa. Sudah sewajarnya masyarakat mencari panel lantai murah yang lebih hemat biaya.

Perkiraan perbandingan harga dari bahan konstruksi bangunan untuk rumah dua lantai atau lebih. Harga yang dibandingkan adalah antara Panel Lantai AAC, Dak Keraton, dan Dak Beton Cor Konvensional. Perkiraan dari perbandingan harga tersebut berdasarkan kualitas barang dan juga hasil uji di lapangan. Apa pun jenis dan kualitas dari pelat lantai ini, semuanya merupakan bahan yang digunakan untuk membuat bagian lantai pada bangunan bertingkat.

Harga dari Panel Lantai

Berikut ini adalah spesifikasi, harga dan juga perbandingannya dengan jenis lainnya untuk ukuran panel lantai seluas 8 meter persegi. Harga material panel lantai dari total ukuran 1 meter kubik/ 8 meter persegi adalah Rp 2.650.000. Bahan pendukung untuk pemasangan panel, yaitu grouting, sebanyak 2 zak, masing-masing seharga Rp 120.000, sehingga total untuk grouting adalah Rp 240.000. Material lain yang dibutuhkan adalah besi dengan ketebalan 10 mm. Harga besi ini adalah Rp 60.000, dan membutuhkan 4 buah besi, maka totalnya adalah Rp 240.000. Dengan harga material yang sedemikian rupa, ini termasuk harga panel lantai murah.

Untuk pemasangan, Anda juga perlu menyewa jasa tukang dan juga peralatan yang menunjang pertukangan, agar pemasangan bisa berjalan dengan lancar. Biaya yang diperlukan untuk menyewa peralatan adalah Rp 20.000. Sedangkan untuk ongkos tukang adalah Rp 75.000 per orang, paling tidak dibutuhkan 8 orang untuk memasang panel ini.

Jadi total biaya untuk 1 meter kubik panel adalah  Rp 3.750.000, dan jika dihitung-hitung, maka biaya pemasangan per panel adalah Rp 468.750. Ini adalah harga panel lantai murah dan terjangkau.

Related posts: