Ketahui Apa Jenis-Jenis Kerusakan Pada Retina

Pengobatan retina tentu akan sangat disarankan bagi siapa saja orang yang menderitanya. Pasalnya jika kerusakan pada retina dibiarkan saja, Anda dapat mengalami yang namanya kebutaan. Tidak ada orang yang ingin mengalami kebutaan. Untuk itu Anda pun harus bisa menjaga kesehatan retina sedini mungkin agar kerusakan tidak sampai terjadi. Namun jika memang sudah terjadi, jalan yang harus Anda tempuh adalah melakukan pengobatan. Sekarang di berbagai klinik mata sudah menyediakan beberapa pilihan pengobatan. Dengan demikian, Anda pun bisa memilih pengobatan mana yang memang paling ampuh dan bisa mencegah kerusakan retina lebih parah.

Pengobatan Retina Paling Tepat Dipilih

Jika kerusakan retina tidak ingin semakin parah maka Anda pun harus segera melakukan pengobatan retina dari sekarang. Jangan menunda-nunda karena kebutaan bisa menyerang kapan saja jika retina sudah rusak. Nah ada beberapa gejala yang akan Anda alami jika retina mengalami kerusakan. Beberapa di antaranya:

  • Pandangan kabur
  • Terdapat bintik terapung yang menghalangi penglihatan
  • Lapangan pandang tepi mengalami gangguan

Beberapa gejala tersebut tentu akan Anda alami jika retina mengalami kerusakan. Ada beberapa macam kerusakan pada retina. Pertama, retinopati diabetik. Ini merupakan bentuk komplikasi dari penyakit diabetes melitus. Penyakit diabetes memang berbahaya, pasalnya retina mata pun bisa terserang. Untuk itulah Anda harus menjaga pola makan agar tidak sampai terkena diabetes. Kedua, retinitis pigmentosa. Ini merupakan penyakit degenerative yang mempengaruhi retina. Di sini ada perubahan respons terhadap cahaya. Sehingga kemampuan penderita untuk melihat semakin berkurang.

Ketiga, Degenerasi Makula. Ini adalah kerusakan yang letaknya di pusat retina. Kerusakan ini menyebabkan pandangan menjadi kabur dan penglihatan sulit dijangkau. Terdapat 2 jenis degenerative makula, tipe basah dan tipe kering. Gejala paling awal itu dalam bentuk kering, kemudian berkembang terus menjadi tipe basar. Kerusakan yang selanjutnya adalah robekan pada retina. Robekan ini seringnya terjadi ketika proses persalinan. Pasalnya ibu hamil pasti akan mengejan selama proses persalinan dan menyebabkan kerobekan. Jika itu terjadi maka Anda harus segera melakukan pengobatan retina.

Related posts: