Keunikan Suku Dayak Yang Menarik Untuk Diketahui

Indonesia memang kaya akan sumber daya alam serta keragaman suku budayanya. Salah satu kekayaan suku budaya adalah adanya berbagai macam suku yang ada di negeri ini. Di Indonesia ini terdapat sekitar 1.340 suku. Diantara ribuan suku tersebut ada salah satu suku yang sudah mendunia yaitu suku Dayak. Suku Dayak adalah suku yang bermukim di pedalaman Borneo Kalimantan. Adapun keunikan suku tersebut yang sangat menarik untuk diketahui.

Cinta Damai

Jangan salah menilai suku yang tinggal di daerah pedalaman, mereka justru sangat mencintai perdamaian. Begitu pula pada suku Dayak. Masyarakat suku Dayak sangat dekat dengan alam dan menjaga kelestarian alam dengan sebaik-baiknya. Dengan sikap mereka yang begitu mencintai alam, mereka juga sangat menghormati sesama. Jangan sampai mereka terusik kedamaiannya. Hal ini bisa membuat mereka sangat membela harga diri.

Tiang Totem Yang Sangat Eksotis

Jika Anda mengunjungi pemukiman suku Dayak di Kalimantan, maka Anda akan menemukan banyak sekali tiang Totem. Tiang totem yang berupa patung-patung ataupun topeng tersebut, merupakan sebuah kepercayaan yang dimiliki oleh masyarakat suku Dayak terhadap nenek moyang mereka yang telah tiada. Patung-patung serta topeng totem yang mereka buat tidak kalah eksotis dengan patung-patung totem yang ada di suku Indian Benua Amerika.

Sangat Menghargai Leluhur

Masyarakat suku Dayak sangat menghargai para leluhur meski mereka telah tiada. Anda dapat melihatnya dari kawasan pemakaman masyarakat suku Dayak dimana mereka menghias makam para leluhur dengan menggunakan ukiran-ukiran yang sangat indah dan memiliki nilai seni yang tinggi. Desain kuburan para leluhur masyarakat suku Dayak dibuat sedemikian rupa seperti tiang yang menyangga peti.

Jangan Memberikan Imbalan Berupa Uang

Berbagai informasi tentang suku dayak bisa Anda dapatkan di masterpendidikan.com. Jika Anda berkunjung ke pemukiman suku Dayak di Kalimantan dan Anda dijamu dengan sangat istimewa, maka jangan pernah Anda memberi imbalan kepada tuan rumah. Sebab, hal tersebut dapat membuat mereka tersinggung. Bagi mereka, menjamu tamu dengan istimewa adalah sebuah kebahagiaan tersendiri dan mereka akan memberikan pelayanan dengan sepenuh hati.

Related posts: