Khasiat Daun Binahong Untuk Memulihkan Luka

tips kesehatanBinahong adalah jenis tanaman merambat yang mudah sekali tumbuh berkembang biak. Daun binahong hampir mirip dengan daun sirih hanya saja sedikit lebih tebal dan halus. Binahong sudah sejak dahulu digunakan sebagai obat-obatan herbal yang  dipercaya memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan dan pengobatan baik penyakit dalam maupun penyakit luar.  Kandungan zat-zat yang terdapat di dalam binahong inilah yang dibutuhkan untuk berbagai macam pengobatan. Tanaman binahong tidak hanya daunnya saja yang dimanfaatkan melainkan juga akar dan batangnya. Bagaimana khasiat daun binahong untuk menyembuhkan luka?

Kandungan Dan Cara Pengobatan Dengan Daun Binahong

Binahong memiliki beberapa zat yang dibutuhkan dalam penyembuhan luka beberapa kandungannya antara lain: Kandungan zat yang terdapat pada binahong diantaranya adalah zat saponin, zat ini berperan sebagai zat anti bakteri, ani virus dan anti mikroba. Saponin berfungsi sebagai zat pembentuk kolagen untuk menyembuhkan luka, manfaat lain dari saponin adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Zat lain yang terkandung di binahong diantaranya yakni minyak atsiri, yang berfungsi sebagai anti septik, dan juga sebagai sedative, analgesik, enzimatik dan simultan. Kandungan selanjutnya adalah asam oleanolic, yang berkhasiat sebagai anti inflamasi yang berfungsi sebagai zat mengurangi  rasa sakit saat luka. Asam askorbat, senyawa ini berfungsi sebagai penutup luka untuk mencegah infeksi luka luar.

Cara penggunaan binahong sebagai obat luka luar dapat dilakukan dengan menumbuk segenggam daun binahong yang telah dicuci bersih hingga halus, setelah itu dapat Anda langsung oleskan ke bagian tubuh Anda yang  terluka, oleskan secara teratur hingga luka berangsur sembuh. Cara ini dapat Anda gunakan jika Anda terluka akibat gesekan, memar  bengkak atau luka bakar termasuk nyeri dan pegal.  Jika luka memarnya termasuk cukup parah maka sebaiknya tutup dengan perban agar terhindar dari bakteri maupun gesekan terhadap benda lain. Bagaimana mudah bukan?  Hanya dengan satu tanaman saja mampu mengobati beragam macam penyakit. Demikian ulasan mengenai khasiat daun binahong untuk mengobati luka bakar, semoga bermanfaat.

Related posts: