Kisah Hidup Ir. Soekarno. Presiden Pertama Indonesia

Berbicara tentang sejarah Indonesia, tentunya kita tidak akan pernah luput dari pembicaraan tentang sejarah Ir. Soekarno, salah satu proklamator Indonesia. Sebagai tokoh penting di Indonesia, tentunya Ir. Soekarno memiliki andil yang besar dalam kemerdekaan Indonesia. Mungkin tidak jarang dari kita yang mengetahui seberapa hebatnya Ir. Soekarno di setiap tindakan yang ia lakukan bersama dengan para pejuang kemerdekaan.

Fakta Sejarah Hidup Ir. Soekarno, Proklamator Indonesia

Ir. Soekarno lahir dengan nama Koesno Sosrodiharjo pada 6 Juni 1901. Sebagai tokoh penting Indonesia, sejarah Ir. Soekarno semasa hidupnya memang sangat lekat dengan nasionalisme. Berikut ini beberapa fakta tentang kehidupan Ir. Soekarno, sang proklamator Indonesia.

  • Merupakan Presiden Pertama Indonesia

Fakta yang satu ini bukanlah fakta kecil yang baru diketahui banyak orang. Seluruh Indonesia pun tahu bahwa Ir. Soekarno merupakan presiden pertama Indonesia. Beliau menjabat sekitar hampir 22 tahun lamanya, dari tahun 1945 hingga 1967.

  • Merupakan Perdana Menteri Ke-11

Ir. Soekarno juga pernah menjabat sebagai Perdana Menteri pada masa jabatan 9 Juli 1959 hingga 25 Juli 1966. Pada saat itu, Ir. Soekarno menggantikan Djuanda Kartawidjaja dan digantikan oleh Soeharto.

  • Pejuang Kemerdekaan

Ir. Soekarno tentunya memberikan kontribusi yang besar pada masa pergerakan nasional. Pada masanya, Ir. Soekarno pertama memulai kiprahnya sebagai pejuang kemerdekaan dengan menjadi salah satu anggota Jong Java yang berada di Surabaya sekitar tahun 1915. Pada masa pergerakannya, Ir. Soekarno pun pernah ditangkap oleh Belanda karena dianggap merugikan.

  • Algemeene Studie Club

Organisasi ini didirikan oleh Ir. Soekarno pada tahun 1927 dan merupakan awal mula dari berdirinya PNI atau Partai Nasional Indonesia. Pergerakan Ir. Soekarno di organisasi ini ternyata membuat Belanda curiga, sehingga beliau sempat ditangkap oleh Belanda pada 29 Desember 1929 dan dijebloskan ke penjara.

Berbicara tentang Ir. Soekarno dan sejarah, tentunya akan menjadi topik menarik yang membutuhkan lebih banyak waktu. Untuk menambah pengetahuan Anda terkait dengan sejarah, silahkan kunjungi Portalsejarah.id dan temukan banyak pengetahuan sejarah lainnya.

Related posts: