Kloset Duduk dan Kloset Jongkok, Mana Lebih Baik?

Era globalisasi dan modernisasi membawa dampak yang begitu besar. Salah satu perubahan besar akibat dampak modernisasi ini ialah dalam bidang sanitasi. Ya, kini kloset jongkok perlahan mulai tergeser keberadaannya oleh kloset duduk. Memang, toilet duduk dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya saat buang air besar (BAB), tapi jika ditinjau dari sudut pandang kesehatan, manakah yang lebih baik? Apakah toilet duduk atau toilet jongkok.

Posisi Buang Air Besar Yang Tepat

Perbedaan bentuk toilet duduk dan jongkok membuat posisi buang air besar saat menggunakan kedua jenis toilet tersebut juga berbeda. Saat menggunakan toilet duduk, pengguna bisa BAB sambil duduk diatas seat toilet duduk sehingga posisi ini dianggap lebih nyaman dan tidak membuat pegal.

Sementara itu, saat BAB menggunakan toilet jongkok, pengguna menumpukan seluruh bobot tubuhnya di kaki dalam posisi jongkok. Ini tentu membuat kaki cepat pegal dan kesemutan, terlebih lagi untuk mereka yang memiliki berat badan berlebih.

Namun ternyata, posisi BAB dengan menggunakan toilet duduk membuat saluran pembuangan menjadi lebih sempit. Alhasil, kotoran dari dalam usus lebih sulit keluar. Pada posisi duduk, rektum tidak terbuka sepenuhnya, gerakan usus pun untuk mengeluarkan feses menjadi lebih sulit. Jika dibiarkan untuk jangka panjang, maka berbagai gangguan kesehatan mulai dari sembelit, wasir, hingga kanker usus besar bisa saja terjadi.

Lain halnya dengan menggunakan toilet jongkok. Pada posisi jongkok, saluran anal membentuk sudut 35° yang mana justru membuka rektum sehingga proses defekasi menjadi lebih optimal.

Solusi Untuk Pengguna Toilet Duduk

Bagi sebagian dari kita yang sudah terlanjur menggunakan toilet duduk di rumah, sepertinya tidak mungkin juga untuk langsung mengganti toilet yang kita gunakan dengan toilet jongkok. Namun demikian, hal itu bisa kita akali dengan memasang platform tambahan di bagian depan kloset duduk sehingga bisa digunakan sebagai pijakan kita untuk BAB dengan posisi jongkok.

Setidaknya, pemasangan platform ini bisa membantu kita untuk buang air besar dengan posisi yang tepat. Sehingga, kita bisa terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mengancam.

Related posts: