Komponen Untuk Keberlanjutan Pembangunan Perikanan Indonesia

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang mana ada sekitar lebih dari tiga belas ribu pulau yang masuk wilayahnya. Tidak heran apabila hal-hal terkait dengan perikanan dan kelautan menjadi salah atau permasalahan Indonesia yang harus segera diatasi agar nantinya kesejahteraan masyarakat merata hingga ke berbagai pesisir pantai. Bicara lebih lanjut mengenai hal tersebut, keberlanjutan pembangunan perikanan yang ada di Indonesia jelas menjadi sesuatu yang sangat penting. Untuk mewujudkannya pun ada beberapa komponen penting yang jangan sampai dilupakan. Apa saja komponen yang dimaksud? Berikut adalah penjelasan singkatnya untuk Anda.

Inilah Komponen Untuk Keberlanjutan Pembangunan Perikanan Indonesia

Jika kita bicara mengenai perikanan dan kelautan khususnya soal keberlanjutan pembangunan perikanan Indonesia, ada beberapa komponen terkait masalah ini. Menurut Alder, komponen yang pertama adalah ekologi yang mana komponen-komponen sangat berkaitan dengan keragaman rekrutmen, ukuran tangkap, tingkat eksploitasi, produktivitas primer dan juga hasil tangkapan ikan sampingan. Sedangkan untuk komponen yang kedua yaitu ekonomi dan hal ini akan membahas mengenai penyerapan tega kerja, alternatif income, tingkat subsidi, serta kontribusi perikanan yang ada. Tidak hanya itu, pertumbuhan komunitas, tingkat pendidikan, pengetahuan lingkungan dan status konflik yang termasuk dalam komponen sosial pun sangat penting untuk pembangunan perikanan Indonesia.

Kemudian, ada pula yang disebut dengan komponen teknologi yang mencakup tempat pendaratan, selektivitas alat, ukuran kapal dan alat tangkap hingga lama trip. Sedangkan untuk komponen selanjutnya yaitu komponen etik yang mana hal ini sangat dekat dengan ilegal fishing, mitigasi ekosistem, mitigasi habitat, kesetaraan dan sikap terhadap limbah. Tentu saja semua komponen yang telah disebutkan di atas sangat penting dalam keberlanjutan pembangunan perikanan dan kelautan Indonesia. Oleh karena itu bukan hanya pemerintah saja kita sebagai warga Indonesia pun harus membantu pemerintah mewujudkan pembangunan yang lebih baik. Tanpa adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dan juga warganya pastinya pembangunan kelautan menjadi sulit. Jadi apakah kini Anda telah paham mengenai komponen dalam pembangunan kelautan?

Related posts: