Lakukan Hal Berikut Agar Terhindar Dari Bau Mulut

Bau mulut atau bahasa medisnya halitosis merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat umum. Penyebabnya bermacam-macam, tetapi umumnya adalah karena kesehatan pada mulut tidak dijaga dengan baik. Bau mulut yang menyengat akan mengganggu Anda sendiri dan juga lawan bicara Anda, sehingga sebisa mungkin bau mulut ini harus segera diatasi. Apalagi untuk Anda yang mempunyai aktivitas yang harus sering berkomunikasi dengan orang lain.

Melakukan Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sikat gigi merupakan salah satu aktivitas yang tidak hanya membantu Anda terhindar dari bau mulut yang tidak sedap, tetapi juga menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan. Lakukan sikat gigi dua kali dalam sehari yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari menjelang waktu tidur. Menggosok gigi akan mengurangi gejala halitosis, apalagi sikat gigi yang dilengkapi aroma sedap seperti mint akan sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Mengganti Sikat Gigi Secara Berkala

Sikat gigi yang sudah lama digunakan akan membuat bentuknya menjadi tidak ideal lagi. Bentuk sikat gigi yang sudah tidak ideal akan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan luka pada gusi ketika digunakan untuk menggosok gigi. Luka pada gusi ini akan meningkatkan bakteri di mulut, saat kadar bakteri di mulut meningkat maka akan mengakibatkan bau mulut, karena salah satu penyebab bau mulut adalah bakteri. Lakukan penggantian sikat gigi secara berkala, ketika bentuknya sudah tidak ideal lagi atau selama 4 bulan sekali.

Menggunakan Mouth Wash Atau Obat Kumur

Salah satu cara yang efektif digunakan untuk menghilangkan bakteri di mulut adalah saat berkumur, karena saat berkumur air yang digunakan untuk berkumur mampu menjangkau daerah-daerah yang sulit dijangkau sikat gigi. Menggunakan obat pencuci mulut atau mouth wash akan lebih meningkatkan kemampuan menghilangkan bakteri karena kandungan chlorhexidine pada mouth wash sangat efektif untuk digunakan membasmi kuman di mulut.

Lakukan kumur-kumur dengan obat pencuci sebanyak dua kali sehari dan konsultasikan penggunaan mouthwash dengan dokter gigi terpercaya agar tidak menimbulkan masalah baru.

Related posts: