Macam-Macam Alat Musik Yang Ditiup

Indonesia memiliki cukup banyak alat musik instrumen dengan cara memainkannya yang berbeda-beda. Salah satu cara memainkan instrumen ini adalah dengan ditiup. Apalagi ini masih tetap dilestarikan hingga saat ini. Namun semakin berjalannya waktu, eksistensi instrumen tiup ini menjadi tergeser oleh instrumen modern. Untuk itu, rasa cinta sejarah Indonesia dan budaya perlu ditanamkan pada setiap generasi muda.

Contoh Alat Musik Yang Dimainkan Dengan Ditiup

Intrumen tiup adalah salah satu instrumen yang memiliki suatu penalun atau resonator yang biasanya bentuknya seperti tabung panjang. Kolom udara yang ada di dalam bisa digetarkan dengan ditiup melalui tempat di bagian ujung penalun. Pitch getaran yang dihasilkan ditentukan oleh panjangnya tabung serta modifikasi manual bagian kolom getaran udara. Untuk itu, perlu diketahui mengenai contoh-contoh dari instrumen tiup yang sering dijumpai.

Pertama adalah klarinet, yang merupakan keluarga atau jenis dari woodwind. Klarinet ini memiliki arti terompet yang cara memainkannya tidak jauh beda dengan saksofon. Ada dua jenis clarinet sopran, yakni clarinet bawah dan atas. Kedua adalah Oboe, yakni jenis woodwind yang merupakan turunan dari shawn. Pemain oboe disebut sebagai obois. Oboe ini memiliki suara yang sangat jernih serta melengking. Suara ini terdengar dengan jelas jika ada dalam ansambel besar sehingga suara yang dihasilkan bisa mudah didengar ketika tuning.

Ketiga adalah saksofon. Saksofon ini merupakan alat musik yang tergolong dalam brasswind. Instrumen ini berbahan dasar logam yang dimainkan dengan single reed seperti clarinet. Jika dimainkan dengan musik popular, musik band, dan musik jazz, tentu akan terdengar sangat bagus. Namun sebenarnya saksofon ini lebih cocok untuk mengiringi orchestra dan militer band. Orang yang memainkan saksofon dinamakan saksofonis.

Keempat adalah alat musik flute, yakni merupakan keluarga woodwind. Suara yang dihasilkan dari flute sangatlah lembut serta bisa dikolaborasikan dengan instrumen yang lainnya. Untuk flute modern yang profesional kebanyakan terbuat dari emas, perak, maupun gabungan keduanya. Sementara flute yang banyak digunakan oleh siswa adalah terbuat dari bahan nikel perak maupun logam biasa yang kemudian dilapisi dengan bahan perak.

Related posts: