Makan Enak Khas Yogyakarta

makan enakSiapa yang tidak kenal dengan Yogyakarta? Ya, sebagian besar masyarakat Indonesia pasti mengenal nama wilayah yang satu ini. Salah satu yang membuat nama Yogyakarta populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah karena potensi pariwisatanya. Setiap orang yang berkunjung ke Yogyakarta pasti akan terkesan dengan alam Yogyakarta yang indah dan mempesona. Tidak hanya itu, mereka juga semakin betah berlama-lama di Yogyakarta karena bisa mencicipi makan enak setiap harinya. Seperti yang kita ketahui, bahwa Yogyakarta selain terkenal dengan tempat wisatanya juga sangat dikenal dengan aneka makanan khas yang menggoda selera. Selain itu, wisatawan dari luar kota juga bisa membeli aneka jajanan khas Yogyakarta sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan sanak saudara di rumah. Lalu, apa jajanan khas Yogyakarta yang cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Bakpia, Makan Enak Khas Yogyakarta Untuk Oleh-Oleh Keluarga Di Rumah

Salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang sangat populer adalah bakpia. Apakah Anda sudah pernah mencicipi makan enak yang satu ini? Sebenarnya, bakpia merupakan makanan yang dibuat dari campuran antara kacang hijau dan gula. Campuran tersebut kemudian dibalut dengan kulit dari tepung dan dipanggang hingga kering. Meskipun pada awal pembuatan bakpia menggunakan kacang hijau sebagai bahan utama, namun kini bakpia telah dibuat dengan aneka variasi rasa. Tidak hanya menggunakan kacang hijau sebagai isi, kini bakpia juga dibuat dengan isi keju, durian, cokelat, ubi, dll. Oleh karena itu, bakpia semakin digemari oleh masyarakat karena memiliki banyak variasi rasa yang bisa dipilih sesuai selera.

Bakpia khas Yogyakarta jua dikenal dengan istilah “Bakpia Pathuk”. Dahulu, Bakpia dijual-belikan secara ecer menggunakan wadah khas terbuat dari bambu yang disebut dengan besek. Dengan berkembangnya zaman, kemasan makanan yang menggunakan wadah bambu tentu tidak menarik lagi untuk dikonsumsi. Oleh karena itu, masyarakat Yogyakarta berinovasi untuk mengganti kemasan bakpia menggunakan kemasan yang lebih menarik. Bahkan, setiap produsen bakpia juga telah memiliki merek tersendiri. Karena telah dikemas secara lebih menarik dan memiliki merk dagang tersendiri, maka bakpia berhasil mencuri perhatian masyarakat luas dan menjadi oleh-oleh makan enak yang wajib dibeli saat berkunjung ke Yogyakarta.

Related posts: