Makanan Sehat Untuk Perkembangan Otak Calon Bayi

Perkembangan otak pada anak sebenarnya ditentukan mulai dari awal pembentukan saat masih menjadi janin. Di sini peran dari sang ibu amatlah penting. Asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil amatlah berpengaruh pada pembentukan otak janin bayi. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil demi mendorong laju pertumbuhan otak. Untuk mengetahuinya dengan jelas, maka kami akan mengulas hal tersebut pada artikel kali ini.

Jenis Makanan Yang Berpengaruh Pada Tumbuh Kembang Otak Calon Bayi Dalam Kandungan

Nutrisi sangatlah penting bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan. Demi menjaga perkembangan otak bisa lancar, maka beberapa makanan berikut patutlah untuk dikonsumsi:

  • Ikan laut

Mitos yang beredar mengenai tidak bolehnya ibu hamil memakan ikan karena bisa menyebabkan anaknya berbau amis sangatlah salah kaprah. Ikan sebenarnya malah sangat penting untuk dikonsumsi ketika hamil. Ikan banyak mengandung omega-3 dan DHA. Zat tersebut sangatlah berpengaruh pada perkembangan otak anak. Omega-3 dan DHA bisa didapatkan dengan mengkonsumsi ikan laut seperti salmon ataupun tuna.

  • Bayam

Sayuran yang mudah ditemukan dan memiliki khasiat luar biasa untuk perkembangan otak janin adalah bayam. Mendapatkan bayam di sekitar lingkungan kita pastilah sangat mudah. Bayam merupakan sayur yang kaya akan asam solfat. Asam solfat tentunya sangat dibutuhkan oleh perkembangan janin. Peran dari asam solfat adalah membantu pembentukan sum-sum tulang belakang, sel otak, dan DNA. Selain itu peran dari asam solfat juga bisa menjadi anti oksidan yang menjaga sel bayi mengalami kerusakan.

Kecukupan asam solfat dari ibu hamil harus benar-benarĀ  diperhatikan. Kekurangan asupan asam solfat bisa mengakibatkan bayi cacat lahir. Untuk konsumsi bayam, Anda harus memperhatikan akan waktu pembuatannya. Bayam yang sudah lebih dari 6 jam tidak baik untuk dikonsumsi. Selain bayam berbagai sayuran lain seperti brokoli, wortel, ataupun sawi juga bisa digunakan sebagai alternatif sumber asam solfat.

  • Susu

Susu ibu hamil juga sangat penting untuk dikonsumsi agar calon anak bisa pinar. Kalsium yang terkandung dalam susu memang sangat baik untuk tulang dan gigi. Namun di dalam susu juga mengandung yodium yang baik dalam pembentukan sel otak baik dalam kandungan ataupun setelah lahir.

Related posts: