Makna Rahasia Dibalik Warna Pada Batik

Indonesia memiliki berbagai macam keistimewaan, salah satu yang menjadi ciri khas adalah batik. Batik merupakan desain baju asli Indonesia yang menjadi kebanggaan bangsa. Ada banyak sekali jenis dari batik yang tersebar di seluruh penjuru negeri, masing-masing model baju batik memiliki maknanya sendiri-sendiri. Tak hanya dari modelnya saja yang memiliki makna, akan tetapi warnanya pun memiliki makna sendiri.

Layaknya sebuah warna dari logo pada sebuah perusahaan atau brand ternama, warna pada batik pun memiliki maksud tersendiri dan maknanya. Dari setiap warna pun memiliki sejarah mereka sendiri yang membentuk karakter dari warna tersebut. Dalam pemilihan batik pun juga harus memperhatikan faktor ini, terlebih lagi biasanya jika Anda ingin membuat batik dalam jumlah yang besar dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti seragam kantor atau seragam kelas.

Warna Pun Punya Arti

Selain menjadi warna kesukaan, beberapa warna berikut memiliki makna yang mendalam untuk Anda jadikan model baju batik kesayangan Anda.

Bagi Anda yang suka dengan warna cokelat, batik yang memiliki warna ini mempunyai makna simbolik dari warna tanah lempung yang subur. Selain itu cokelat juga memiliki makna pembangkitan rasa kerendahan hati, kesederhanaan, dan membumi. Batik dengan warna ini sangat cocok dipadukan dengan celana atau rok berwarna hitam. Dengan ini bisa menimbulkan makna “kalem” dan dewasa untuk Anda yang menggunakannya.

Warna biru tua, warna ini dapat memberikan efek rasa ketenangan, kepercayaan, kelembutan pekerti, keikhlasan, dan rasa kesetiaan. Biasanya batik warna biru tua ini dipadukan dengan desain gambar bunga beserta tangkainya. Dengan menggunakan batik berwarna biru tua, sekilas bisa terlihat Anda memancarkan aura santai dan tenang.

Pada beberapa batik klasik juga menyajikan warna hitam. Walaupun warna ini biasa dilambangkan dengan rasa duka cita atau ketidak bahagiaan, akan tetapi jika diterapkan pada batik memiliki makna yang berbeda. Batik warna hitam menunjukkan makna kemewahan, sensualitas, misteri sekaligus keagungan. Bisa dikatakan batik warna hitam menjadi salah satu batik papan atas. Model baju batik warna ini sangat cocok dipadukan dengan warna apapun karena hitam adalah warna netral.

Related posts: