Manfaat Cuci Darah

Cuci darah sudah tidak asing didengar oleh kita bukan, karena ini merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan bagi mereka yang menderita atau mengalami gagal ginjal. Mereka yang memang gagal ginjal inilah yang diharuskan untuk melakukan treatment cuci darah. Cuci darah ini sendiri dilakukan dengan tujuan untuk memulihkan kembali fungsi darah yang ada dalam tubuh. Jadi Bahasa yang lebih dikenal adalah kita mempunyai dua ginjal yang memang fungsinya untuk membersihkan darah dari sisa-sisa racun yang ada dalam tubuh kemudian racun tersebut dibuang melalui urine dan darah yang sudah bersih dapat diedarkan kembali. Namun bagi mereka yang mengalami gagal ginjal maka mereka tidak bisa membersihkan darah mereka, karena ginjal mereka rusak. Sehingga perlu dilakukan cuci darah untuk membersihkan darah yang bisa digunakan dalam tubuh kembali.

Kepentingan Cuci Darah Bagi Penderita Gagal Ginjal

Seringkali mereka yang sudah mengalami gagal ginjal maka perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk melakukan cuci darah dalam waktu yang rutin dan terjadwal. Karena ketika mereka tidak mencuci darah mereka maka akan berdampak pula bagi kesehatan dengan gejala misalnya lemas dan pucat. Karena itulah sebenarnya penderita gagal ginjal ini dapat dikenal dengan awal mula wajah yang pucat, sering mengalami mual bahkan disertai dengan muntah kemudian juga bisa saja ditandai dengan kaki yang bengkak. Sebab dari kerusakan ginjal bisa berbagai faktor misalnya karena mengonsumsi obat yang membuat ginjal menjadi rusak, kemudian peradangan ginjal, adanya diabetes, dan bahkan karena adanya sumbatan seperti kanker atau tumor kemudian yang lebih memicu datangnya gagal ginjal ini karena kekurangan cairan. Karena itulah ginjal bisa rusak dan bisa hilang dari fungsi semestinya. Dengan adanya cuci darah ini sama saja menggantikan posisi ginjal yang membersihkan dalam tubuh. Sehingga kerja ginjal yang sudah tidak bisa digunakan digantikan dengan alat pencuci darah yang memang harganya saja bisa mahal. Bahkan pencucian ginjal ini perlu dilakukan secara rutin selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan proses ini memakan waktu 4 hingga 5 jam. Terbayang sudah bagaimana cara ginjal membersihkan darah, dan bahkan cuci darah ini hanya bersifat sementara.

Bagi Anda yang memang masih sehat dan memiliki organ ginjal yang masih berfungsi dengan baik maka Anda perlu menjaga kesehatannya. Terutama Anda perlu banyak mengonsumsi cairan agar ginjal tidak bisa rusak dengan mudah begitu saja.

Related posts: