Manfaat Dahsyat Untuk Kesehatan Dengan Berjalan Kaki

Bergerak dengan tubuh kita merupakan kegiatan atau aktivitas refleks yang rutin dilakukan oleh semua orang. Kegiatan bergerak dengan kaki disebut dengan berjalan. Kegiatan refleks tubuh yang satu ini sangat baik untuk bisa menjaga kesehatan kondisi tubuh, tubuh kita akan semakin prima dan fit seiring seringnya kita berjalan. Semakin berkembangnya teknologi dan juga bertambahnya usia kita, kegiatan berjalan ini mulai dilakukan. Ternyata sangat banyak manfaat untuk kesehatan yang bisa diperoleh dari kegiatan sederhana ini. Apa saja beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari berjalan kaki ?

Apa Saja Manfaat Sering Berjalan Kaki?

Saat pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berjalan kaki. Kita bisa melakukan kegiatan berjalan dengan mengelilingi taman hijau yang banyak ditanam pepohonan atau tanaman lainnya. Selain taman yang hijau, kita juga bisa berjalan di halaman rumah saja atau di sekitaran rumah kita. Kita dapat menyesuaikan sendiri lamanya kita berjalan. Sesuaikanlah jadwal berangkat kerja atau berangkat sekolah. Sempatkanlah sekitar setengah jam sebelum kita berangkat. Ada beberapa manfaat kita sering berjalan :

  1. Bisa mencegah timbulnya penyakit serangan jantung. Waktu yang diluangkan untuk kegiatan berjalan kaki bisa membantu membuat semua organ pada tubuh kita sehat. Khususnya organ jantung kita, sehingga risiko serangan jantung bisa dihindari.
  2. Bisa menguatkan ketahanan daya tubuh. Meluangkan waktu rutin berjalan kaki bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Jika tubuh kita semakin kebal dan terjaga baik maka bisa menghindari kita atau mencegah serangan penyakit.
  3. Bisa menurunkan stress. Jika kita rutin berjalan kaki maka tingkatan stress yang terdapat pada pikiran kita akan berkurang. Maka tubuh kita akan lebih bugar dan segar dalam menjalankan kegiatan sehari-harinya.
  4. Menghindari diabetes. Jika kita berjalan kaki secara rutin maka tingkatan kadar glukosa atau gula tidak banyak menumpuk atau terkonsentrasi pada aliran darah kita.
  5. Bisa menurunkan berat badan secara alami. Mungkin ada dari kita yang memiliki tingkatan berat bada berlebih, berjalan kaki adalah salah satu solusi yang efektif. Semakin sering kita bergerak maka akan membakar kandungan lemak yang biasanya dihasilkan dari karbohidrat dari konsumsi makanan yang tersisa (tidak menjadi energi).

Related posts: