Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

tips kesehatanBuah sirsak cukup populer dengan serat buahnya berwarna putih dan manis. Buah ini banyak tumbuh di Indonesia. Namun selain buahnya enak dapat dikonsumsi dan manis, ternyata pohon buah sirsak ini juga banyak manfaatnya. Terutama pada bagian daun yang banyak digunakan sebagai obat alami. Dan pengolahannya juga cukup mudah karena biasanya yang digunakan dan dimanfaatkan khasiatnya hanya rebusan air daun sirsaknya saja. Karena itulah banyak masyarakat yang menggunakan daun buah sirsak untuk pengobatan alternatif mereka. Pengobatan yang bisa dilakukan oleh rebusan daun buah sirsak ini mulai dari yang ringan sampai yang paling berat seperti kanker juga diabetes. Karena itulah daun buah sirsak ini banyak yang mencarinya untuk dijadikan obat.

Penyakit ringan namun membuat badan terasa tidak karuan adalah sakit punggung dan cara mengatasinya dengan daun sirsak adalah dengan merebus 20 lembar daun sirsak dengan 5 gelas air menjadi 3 gelas saja, dan dapat meminumnya 1 gelas sehari. Kemudian untuk diabetes dapat merebus daun tersebut sebanyak 5 lembar dengan 3 gelas air hingga menjadi 1 gelas. Dan dapat meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk pengobatan kanker dapat merebus 10 daun sirsak dengan 3 gelas menjadi 1 gelas dan dapat meminumnya pagi hari. Daun buah sirsak yang dihaluskan juga dapat dijadikan obat bisul yang cukup efektif sebab dapat dengan cepat mengeringkan luka bisul.

Daun buah sirsak memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak sehingga mampu meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga akan dapat mencegah infeksi dan juga radang. Selain itu rebusan daun sirsak juga dapat melawan virus, bakteri serta parasit yang menyebabkan tumbuhnya tumor. Mengeringkan dan menyembuhkan kulit dari penyakit eksim juga dapat dilakukan oleh daun sirsak yang dihaluskan dan dioleskan pada kulit yang terkena eksim. Dan ternyata selain untuk kesehatan, daun sirsak ini juga dapat menghilangkan komedo juga jerawat yang timbul pada wajah. Caranya dengan menghaluskan daun sirsak dan mengoleskannya pada kulit wajah yang berjerawat.

Related posts: