Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

tips kesehatanKetika jalan kaki, terjadi proses perubahan energi kimia menjadi energi mekanik. Ketika melakukan kegiatan, Anda membutuhkan energi yang dapat berasal dari simpanan karbohidrat dan simpanan lemak. Pembakaran lemak pada aktivitas sedang yang berdurasi lama lebih besar dari pada pembakaran karbohidrat dalam produksi energi tubuh. Jalan kaki membuat tubuh lebih sehat dan terasa enteng. Jalan kaki mempunyai banyak manfaat yaitu bagus untuk jantung, menurunkan kolesterol, meningkatkan sistem pernafasan, mencegah diabetes tipe 2, menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi stres, dan juga mencegah osteoporosis. Berjalan kaki dapat membantu memperlancar dan memperkuat sistem pernafasan.

Ternyata Jalan Kaki Sangat Penting

Anda dapat mencoba berjalan cepat selama 30 menit jika ingin mengurangi berat badan, karena berjalan cepat dapat membakar kalori sebanyak 150 kal. Berjalan kaki pastinya juga baik terutama untuk kesehatan pada jantung, karena saat berjalan kaki akan meningkatkan denyut pada jantung, meningkatkan tingkat sirkulasi darah yang ada didalam tubuh serta memperkuat kinerja jantung. Dengan melakukan jalan kaki minimal 30 menit untuk setiap harinya, kemampuan otot untuk bisa menyerap glukosa pun meningkat karena telah bekerja lebih lama. berjalan kaki pastinya juga dapat memperbaiki mood Anda, karena berjalan kaki atau aktivitas fisik dapat memicu endorfin yang membuat mood merasa lebih baik. Endorfin adalah senyawa kimia dalam otak yang dapat menyebabkan perasaan lebih baik.

Jalan kaki merupakan olahraga ringan, olahraga ringan ini dapat memaksimalkan proses metabolisme tubuh. Jalan kaki juga dapat mempermudah konsentrasi, berjalan kaki selama beberapa jam diyakini mampu mempertajam konsentrasi. Osteoporosis biasanya menyerang usia tua, penyakit tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi kalsiumĀ  yang terdapat pada susu, tetapi juga harus diimbangi dengan melakukan gerakan badan secara menyeluruh seperti jalan kaki. Jadi, dari sekian manfaat jalan kaki, Anda bisa mencobanya, karena olahraga yang satu ini sangat ringan dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda hanya perlu alas kaki, dan jalan untuk Anda lalui. Berjalan kaki disekitar kompleks rumah Anda selain menyehatkan dapat sekaligus menjadi ajang bersosialisasi Anda kepada warga sekitar agar lebih akrab.

Related posts: