Manfaat Kesehatan Makan Sambil Duduk Lesehan

tips kesehatanBanyak masyarakat yang terbiasa makan dengan duduk di kursi dan dilakukan sambil menonton televisi dan yang lainnya. Akan tetapi ternyata cara tersebut tidaklah sebagus jika duduk dengan cara lesehan. Di beberapa negara bahkan di Indonesia sendiri ada beberapa daerah yang cara makannya sambil duduk lesehan bahkan hal tersebut menjadi budaya di daerah mereka. Unik memang namun ternyata cara tersebut memiliki manfaat yang besar dalam menyumbang tingkat kesehatan pada tubuh. Bahkan dalam banyak pesta di gedung terlihat para tamunya makan sambil berdiri. Hal ini tentu lebih tidak menyehatkan lagi. Makan sambil duduk dilantai atau yang sering disebut dengan lesehan ini sering dijumpai di daerah pedesaan atau juga di restoran yang khusus menyediakan lesehan.

Makan Sambil Lesehan Yang Bermanfaat

Makan dengan cara lesehan ini dapat menjaga berat badan tetap stabil bahkan bagi Anda yang sedang berdiet cara makan dengan lesehan ini dapat menurunkan berat badan Anda. Sebab makan dengan lesehan ini menyebabkan makan Anda menjadi lebih relaks dan fokus serta dapat membuat cepat merasa kenyang. Makan dengan posisi duduk di lantai dapat membuat oto di panggul, punggung bawah dan sekitar perut akan berkurang dari rasa sakit juga dapat meningkatkan fungsi sistem pencernaan. Tak hanya bermanfaat untuk sistem pencernaan, duduk lesehan dapat membantu sendi tetap lentur, fleksibel, serta menghindari penyakit osteoporosis dan degeneratif. Duduk lesehan juga bermanfaat sirkulasi darah sehingga membuat jantung lebih sehat dan otot menjadi kuat karena pada saat makan jantung akan bekerja lembur untuk membantu sistem pencernaan. Daripada duduk di kursi makan, dimana sirkulasi darah akan lebih banyak mengalir ke bawah karena posisinya lebih rendah.

Itulah beberapa manfaat makan dengan cara duduk lesehan. Selain memiliki banyak manfaat bagi tubuh, duduk lesehan merupakan budaya asli Asia tenggara yang menyesuaikan dengan kondisi rumah yang mudah rusak pada saat itu. Budaya makan lesehan juga sebagai simbol tidak ada perbedaan status baik itu status ekonomi, sosial, jabatan dsb. Karena duduk atau makan dengan cara lesehan menunjukkan kesetaraan dan kebersamaan yang didasarkan rasa persaudaraan.

Related posts: