Manfaat Menonton Film Bersama Buah Hati

Menonton film di rumah adalah salah satu kegiatan yang sepertinya hampir setiap hari dilakukan. Selain untuk mendapatkan hiburan yang gratis dan mudah, menonton film di rumah juga dapat membantu menghilangkan kepenatan sejenak. Bagi Anda yang sudah memiliki anak terkadang lebih memilih untuk menonton film layar kaca setelah anak-anak tidur. Padahal, ada juga lho beberapa manfaat menonton film di rumah bersama anak.

Mengisi Waktu Luang Bersama

Memiliki anak yang sudah memasuki usia sekolah, biasanya mereka lebih suka pergi keluar untuk bermain bersama teman-temannya. Alangkah baiknya ketika cuaca sedang tidak memungkinkan untuk bermain diluar, misalnya sedang terik atau hujan, ajaklah anak Anda untuk menonton TV bersama. Dengan begitu, maka waktu luangnya dapat diisi dengan menonton TV bersama keluarga.

Mengasah Kemampuan Sosial

Menonton film layar kaca bersama anak, tentunya tidak boleh sembarangan. Anda harus dapat memilah tayangan mana yang boleh dan tidak boleh dilihat oleh anak seusianya. Pilihlah tayangan yang kaya akan pesan moral. Selama menonton film tersebut, Anda dapat menyampaikan tentang apa makna dari kegiatan yang dilakukan oleh tokoh dalam film tersebut. Pesan moral yang terdapat dalam film tersebut juga penting dalam mengasah kemampuan sosial anak. Sampaikan kepada mereka tentang apa yang patut dicontoh dan yang tidak patut dicontoh.

Diskusi Bersama Anak

Setelah Anda dan anak Anda menonton film tersebut, dapat dilanjutkan dengan diskusi kecil. Mintalah pendapat sang anak mengenai apa yang telah ia lihat di film tersebut. Jika ia berpandangan negatif terhadap suatu hal yang ia lihat, maka berikanlah arahan yang tepat. Jangan sampai dia menganggap bahwa hal negatif tersebut patut untuk dicontoh.

Mengurangi Konflik Dalam Keluarga

Bagi Anda yang sudah memiliki anak lebih dari satu orang, tentunya sering terjadi konflik antara si adik dan si kakak. Dengan kegiatan menonton film layar kaca bersama keluarga, maka akan memberikan kesenangan tersendiri di dalam keluarga tersebut. Sehingga dapat mengurangi konflik antara kakak dan adik. Selain itu, untuk ayah dan ibu juga dapat mengajak anak-anaknya untuk menonton film tentang persaudaraan yang baik.

Related posts: