Manfaat Pelaksanaan Sholat Tahajud

Ada banyak manfaat ibadah tahajud dengan membaca doa sholat tahajud. Salah satu manfaatnya yaitu pikiran Anda akan jauh semakin segar. Saat bangun dari tidur tentunya Anda memiliki segi pemikiran yang lebih jernih daripada saat waktu siang hari apalagi malam hari. Bayangkan saja, pada waktu 1 hari, organ jantung manusia akan bekerja 100.000x rata-ratanya dan juga bernapas 20.000 kali banyaknya.

Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Dari setiap organ tubuh tersebut sudah pasti memerlukan waktu untuk beristirahat yang cukup. Pada nyatanya istirahat tidur adalah kegiatan yang tentunya sangat baik untuk tubuh kita. Dengan begini, maka seluruh organ di dalam tubuh akan bisa beristirahat dari tiap tugas beratnya. Istirahat tidur bisa membantu tubuh Anda memulihkan sel tubuh yang terganggu sebelumnya, menambah kekuatan serta otak juga kembali bekerja baik.

Dari alasan tersebut yang menjadikan ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail ini dilaksanakan pada waktu setelah bangun tidur. Tentunya pikiran jauh lebih segar atau fresh bisa membuat gerakan ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail tersebut semakin khusyu’ dalam memaknai berbagai do’a dan ayat-ayat Al-Qur’an. Selain manfaat membuat pikiran lebih segar, dengan beribadah doa sholat tahajud juga Anda bisa mendapat keringanan saat dinasab.

Ada keutamaan lain dari beribadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail yaitu keringanan saat hari akhir dan di akhirat nanti. Tiap orang tentu pastinya memiliki catatan dosa sendiri-sendiri dan juga pahala yang nantinya akan diterima Allah SWT di akhirat. Jika catatan amal orang tersebut lebih banyak, maka niscaya surgalah tempatnya.

Tetapi bila sebaliknya, maka sudah tentu neraka menjadi tempat sementara orang tersebut. Bagi para kaum muslim taat, ibadah sholat malam tahajud/  sholat qiyamul lail dapat menjadi media supaya bisa mendapat keringanan saat di akhirat nanti dinasab. Allah SWT akan memberi keutamaan ini untuk mereka yang melaksanakan permohonan ampun serta berdoa pada waktu sepertiga malam seperti ibadah doa sholat tahajud sholat qiyamul lail ini.

Related posts: