Memilih Shampo Yang Tepat Untuk Jenis Rambutmu

Memilih shampo merupakan perkara yang tidak bisa dianggap remeh, pasalnya salah memilih shampo akan berakibat fatal kepada kesehatan rambut maupun kulit kepala. Oleh karena itu Anda harus perhatikan betul kondisi rambut Anda dan kira-kira shampo apa yang cocok untuk jenis rambut Anda. Untuk mengetahui shampo yang cocok dengan rambut Anda, simak beberapa ulasan berikut.

Jenis Kulit Kepala

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih shampo adalah jenis kulit kepala, karena tujuan Anda menggunakan shampo adalah untuk menyingkirkan sel kulit mati, membuat rambut menjadi lembab, semua aktivitas tersebut terjadi di kulit kepala. Oleh karena itu mengetahui jenis kulit kepala sangat penting dalam rangka memilih shampo yang tepat. Untuk mengetahui jenis kulit kepala bisa dilakukan dengan mata telanjang, misal rambut berminyak atau rambut rontok, kesemuanya bisa dilihat dengan mudah dengan mata telanjang.

Jenis Kulit Kepala Berminyak

Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih shampo yang akan digunakan.

  • Hindari Shampo Yang Melembabkan

Beberapa shampo memang sengaja dibuat untuk membuat rambut terlihat lebih lembab. Akan tetapi shampo yang demikian hanya cocok digunakan oleh mereka yang memiliki jenis kulit kepala yang biasa saja. Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, menggunakan shampo jenis ini adalah bencana.

  • Gunakan Shampo Yang Melebatkan Rambut

Salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan minyak di kulit kepala adalah membuat rambut Anda menjadi lebat. Dengan rambut lebat maka keberadaan minyak di kepala bisa sedikit berkurang. Selain itu lakukan gerakan memijit saat menggunakan shampo, karena hal tersebut bisa membantu kelancaran peredaran darah.

Jenis Kulit Kepala Kering

Kulit kepala kering juga tidak kalah fatal akibatnya, pada kulit kepala yang kering akan mudah berketombe dan terasa gatal. Ketombe akan sangat mengganggu penampilan Anda.

  • Pakai Shampo Yang Melembabkan

Shampo yang memiliki efek melembabkan justru akan sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki rambut kering. Selain itu yang harus diperhatikan adalah jangan terlalu sering menggunakan shampo, karena bisa mengakibatkan kulit kepala semakin kering.

Related posts: