Mengembangkan Kerajinan Khas Indonesia

Batik Solo merupakan sebuah karya seni yang dilakukan oleh manusia atau masyarakat yang memiliki keterampilan dan kelihaian pada bidang seni tersebut. Untuk mengukir batik tidaklah mudah, Anda harus belajar terlebih dahulu kepada orang-orang yang sudah lihai pada bidang batik. Membatik butuh konsentrasi dan focus yang baik, jadi tidak sembarang orang bisa melakukannya. Jika Anda menganggap sepele saat mengukir batik maka Anda salah besar, tidak sembarang orang bisa melakukannya.

Batik Biasa Dijadikan Sebagai Pakaian

Kalaupun memang ada orang yang bisa melakukannya tetapi belum mahir mereka hanya mampu mengukir ala kadarnya saja, tidak memiliki konsep dan tidak terlihat menarik. Batik yang biasa kita jumpai adalah batik yang diukir atau dibentuk oleh orang-orang yang sudah terpercaya dan sudah terbiasa dalam mengukir batik. Batik biasa dibuat menjadi pakaian seperti baju gamis, daster, atasan, bawahan (rok/celana), peci, dsb. Setiap bahan yang digunakan dalam pembuatan batuk tersebut berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan dan untuk dijadikan apa.

Apabila bahan batik yang digunakan ingin dijadikan celana akan berbeda bahannya dengan bahan batik yang digunakan untuk atasan, gamis, dan daster. Semakin bagus bahan yang dijadikan produk Batik solo maka semakin mahal pula harga yang dijual di pasaran, dan sebaliknya. Selain itu juga semakin rumit dan indah seni batik yang diukir oleh pengrajin batik maka akan semakin mahal pula.

Mengapa bahan dan ukiran yang dibuat mempengaruhi harga? Karena keduanya merupakan satu kesatuan yang dapat membuat pakaian tersebut terlihat menarik dan indah dipandang. Dan Anda harus tahu untuk mengukir batik bukanlah perkara yang mudah, butuh pemikiran yang bagus dan memiliki jiwa seni.

Maka dari itu tidak heran jika seseorang yang merupakan pengrajin seni memiliki jiwa seni yang sangat bagus, memiliki konsentrasi yang bagus pula. Anda juga harus tahu semakin berkembangnya jaman batik Solo  saat ini tidak hanya dijadikan sebagai produk pakaian saja tetapi juga yang lain seperti sepatu, jam tangan, dan gelang.

Related posts: