Mengenal Ayam Arab dan Harga Pasarannya

Ayam Arab ialah jenis ayam brekel dari Belgia yang banyak dikenal dengan sebutan khusus yaitu ayam Arab. Ayam ini terutama memiliki bentuk yang berbeda dibanding ayam pada umumnya. Bentuk badannya akan lebih kecil dan ramping sehingga sekilas mirip dengan ayam kate. Ayam ini biasa memakan biji-bijian serta banyak dicari untuk dikonsumsi ataupun dipelihara sebagai ayam hias. Bahkan, kini sudah banyak orang yang membudidayakannya dengan cara beternak ayam arab. Hal ini terutama karena keuntungan dari beternak ayam Arab terbilang maksimal dan menggiurkan dibanding beternak jenis ayam lain. Lalu, berapa harga pasaran ayam Arab ini per ekornya?

 

Harga Pasaran Ayam Arab dan Potensi Ternak

 

Seperti tercantum dalam harga.top, satu ekor ayam Arab yang sudah dewasa bisa mencapai harga Rp150.000 hingga Rp200.000. Sementara untuk harga ayam tahun lalu berkisar antara Rp135.000 hingga Rp170.000 per ekornya. Perbedaan harga ini disebabkan faktor permintaan serta kondisi ekonomi yang sedang tidak stabil. Selain harga ayam yang cukup menggiurkan, harga telur ayam Arab juga tak kalah tinggi. Enam butir telur ayam Arab dihargai Rp27.000. Harga yang cukup tinggi ini karena adanya kandungan omega 3 serta protein yang lebih tinggi dibanding jenis telur unggas lainnya. Perlu diperhatikan ciri-ciri telur ayam Arab asli karena sekarang sudah mulai marak beredar telur ayam Arab palsu.

 

Sementara untuk bibit ayam Arab akan dijual mulai dari Rp4.500 per ekor untuk anakan usia 4 hingga 7 hari. Bibit ayam Arab jika dipelihara dengan benar akan bisa tumbuh hingga bobotnya mencapai 2.5 kilogram. Pemberian makan harus yang berkualitas dan penuh nutrisi. Harga ayam Arab siap telur sekarang sudah mencapai Rp195.000 per ekor. Hal lain yang tak boleh luput dari perhatian ialah kebersihan kandang. Ini terutama karena ayam Arab menyukai tempat yang nyaman serta tenang. Bisa diambi kesimpulan bahwa beternak ayam Arab akan sangat menguntungkan mengingat harga jual yang tinggi untuk ayam maupun telurnya serta permintaan pasar yang semakin naik.

Related posts: