Mengenal Karakteristik Industri Kelapa Sawit Langsung Dari Pakarnya

Kelapa sawit memang menjadi salah satu jenis komoditi andalan Indonesia yang tetap eksis di tengah krisis yang melanda. Hal inilah membuat salah satu putra bangsa yaitu Arif Rachmat Triputra memilih komoditi kelapa sawit sebagai bidang bisnisnya. Pak Arif memiliki filosofi bisnis layaknya memainkan layangan. Bermain layangan harus dilakukan pada tempat yang berangin kencang. Hal tersebut mengandung makna bila ingin berbisnis haruslah pada tempat yang ramai peminatnya. Jadi ketika terjadi gejolak pasar, bisnis yang Anda tekuni bisa tetap bertahan walaupun bidang lainnya mengalami penurunan.

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Industri Kelapa Sawit

Industri kelapa sawit pastinya memiliki karakter yang berbeda dibandingkan dengan industri manufaktur ataupun perbankan. Beliau memaparkan jika ingin sukses dalam usaha ini harus paham mengenai karakteristik yang dimiliki terlebih dahulu. Berikut adalah karakteristik dari industri sawit yang wajib untuk diketahui:

  • Bertempat di daerah terpencil dan berhubungan dengan lahan yang luas

Industri sawit sudah pasti akan berhubungan dengan lahan yang sangat luas. Lahan yang luas tidak dimiliki oleh wilayah perkotaan. Jelas ketika Anda ingin memulai industri usaha kelapa sawit harus siap pergi ke daerah terpencil. Kini daerah yang cukup memiliki potensi penanaman kelapa sawit adalah Pulau Sumatra dan Kalimantan. Ketika Anda ingin sukses seperti Arif Rachmat Triputra maka faktor pelaku usaha harus benar-benar diperhatikan. Anda perlu memperkerjakan orang yang sesuai dibidangnya sehingga penanganan industri berjalan dengan maksimal.

  • Akan sangat berhubungan dengan alam

Karakteristik kedua adalah berhubungan erat dengan alam. Usaha ini amat berkaitan dengan faktor alam. Panen yang sedikit, serangan hama penyakit, ataupun hal lainnya sudah menjadi risiko yang wajib diterima. Kita hanya bisa berusaha sebaik-baiknya dalam penanaman hingga perawatan saja. Hasil panen akan tergantung dari dukungan faktor alam. Jadi usahakan memilih jenis bibit terbaik dan pemeliharaan secara rutin untuk bisa mengurangi risiko tersebut. Penanganan dini bisa dilakukan ketika Anda melakukan perawatan yang baik.

Itulah beberapa karakteristik industri kelapa sawit yang harus dipahami. Pemahaman dari karakteristik ini telah membawa Arif Rachmat Triputra menjadi salah satu pengusaha kelapa sawit sukses di Indonesia.

Related posts: