Mengetahui Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

Cengkeh adalah salah satu rempah yang biasanya digunakan untuk menambah aroma rasa masakan. Cengkeh memberikan rasa manis dan aroma harum yang khas. Cengkeh banyak digunakan untuk menambah rasa minuman, khususnya minuman yang berfungsi untuk menghangatkan tubuh. Selain itu cengkeh juga dimanfaatkan untuk memperkuat rasa pada kue, seperti kue nastar yang dibuat saat menjelang lebaran.

Cengkeh dapat Menyehatkan Tubuh

Selain rasanya yang khas, cengkeh juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan tubuh. Cengkeh mengandung energi, karbohidrat, dan serat. Di dalam cengkeh juga terkandung kalsium, magnesium, dan vitamin E. Beraneka macam kandungan inilah yang membuat cengkeh berkhasiat untuk menyehatkan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengonsumsi cengkeh.

  1. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mematikan. Cengkeh mengandung antioksidan yang dapat melawan bahaya radikal bebas. Radikal bebas inilah yang dapat menyebabkan kanker. Antioksidan tersebut muncul dari vitamin C yang ada dalam cengkeh.

  1. Antibody

Tubuh memerlukan perlindungan untuk melindungi diri dari berbagai bakteri penyebab penyakit. Cengkeh dapat berkhasiat untuk membunuh bakteri e.coli yang menyebabkan sakit perut, dan diare.  Cengkeh juga baik untuk obat kumur agar gigi dan mulut tetap bersih. Banyak obat cengkeh yang mengandung ekstrak cengkeh untuk mencegah sakit gigi.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang

Cengkeh dapat meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tulang tidak mudah keropos. Tulang yang keropos menyebabkan penyakit osteoporosis. Cengkeh mengandung mangan yang membantu dalam pembentukan tulang yang kuat.

  1. Mengobati Magh

Minyak esensial cengkeh dipercaya dapat mencegah penyakit magh. Penyakit magh dapat disebabkan karena beberapa hal seperti waktu makan yang terlambat dan pikiran yang stres. Hal-hal tersebut dapat menaikkan kadar asam lambung dalam perut. Cengkeh dapat memperbanyak produksi lendir yang menghalangi asam lambung penyebab magh.

Cengkeh bukan hanya rempah untuk menambah rasa dan aroma masakan tetapi dapat dijadikan obat herbal. Setidaknya itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh untuk kesehatan tubuh dengan mengonsumsi cengkeh.

Related posts: