Mengintip Peluang Bisnis Makanan Ringan Pinggir Jalan

Akhir-akhir ini bisnis berjualan makanan ringan atau makanan kecil mulai diminati oleh banyak wirausahawan. Aneka makanan-makanan kecil seperti cilok, siomay, batagor, tahu crispy dan telor goreng pun mulai banyak diminati khususnya bagi para wirausahawan pemula yang ingin belajar berjualan dan berbisnis. Di artikel ini, kita akan membahas beberapa hal tentang berbisnis makanan kecil yang sudah sangat terkenal ini.

Gampang-Gampang Susah

Berjualan makanan kecil pinggir jalan merupakan hal yang gampang-gampang susah dikarenakan kita membutuhkan banyak ketelatenan dan keuletan dalam menjalankan bisnis yang satu ini. Namun, bagi para wirausahawan pemula, bisnis semacam ini dapat digunakan untuk media belajar atau mengenal dunia bisnis. Hal ini karena bisnis ini lumayan mudah dilakukan dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain. Berikut adalah beberapa fakta tentang bisnis ini:

  • Modal yang Cukup Terjangkau

Berbisnis makanan ringan seperti ini merupakan bisnis yang tidak memerlukan modal yang begitu besar. Kita memang wajib mengeluarkan modal awal yang sedikit besar ketika awal berbisnis. Modal yang cukup besar ini digunakan untuk membeli peralatan masak, makan dan gerobak (jika diperlukan). Setelah itu, kita hanya butuh membeli bahan baku awal. Contohnya, dalam berjualan cilok kita harus membeli beberapa bahan baku seperti aci, terigu, telur, saos, kecap, dan lain sebagainya.

  • Selalu Dicari

Untuk hal pemasaran, kita bisa menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan dagangan kita. Terlebih lagi, makanan-makanan kecil seperti cilok, siomay dan batagor adalah jajanan favorit masyarakat Indonesia, baik kalangan menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Tentunya hal ini dapat membantu kita dalam mendapatkan keuntungan karena tingkat popularitas dagangan kita yang sudah tinggi.

Namun, kita juga harus tetap berani berkreasi dan berinovasi dengan dagangan kita. Cobalah untuk membangun identitas yang unik atau tidak dimiliki orang lain. Selain itu, kita juga harus mencari tempat yang strategis dalam berjualan agar dapat menarik banyak pelanggan kita. Berjualan di tempat yang mempunyai kerumunan seperti di depan pasar, taman dan tempat-tempat ramai lainnya salah satu adalah solusinya. Nah, itulah beberapa hal yang perlu kalian ketahui dalam berbisnis makanan kecil pinggir jalan.

Related posts: